Berita Sumut Headline Sumut

LDII Diharapkan Gubernur Terus Berkontribusi Bagi Sumut

MEDAN – Sebagai mitra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) diharapkan terus berkontribusi terhadap pembangunan Sumut. Antara lain dalam bidang dakwah, pembangunan nilai kebangsaan, dan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI LDII Sumut di Hotel Grand Inna, Jalan Balai Kota, Medan, Senin (31/1). “Saya berharap LDII semakin bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan di Sumut,” kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi juga menyampaikan, pada saat LDII masih bernama Yayasan Karyawan Islam (YAKARI), organisasi tersebut telah menjadi mitra pemerintah dalam mengisi kemerdekaan. Untuk itu, Ia mengharapkan agar LDII tetap netral dan berniat semata hanya untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Saat itu Ia (LDII) berjalan beriring mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan dakwahnya,” kata Edy.

Sementara itu, Ketua Umum LDII Pusat Chriswanto Santoso mengatakan LDII harus bermanfaat dimana tempat Ia berpijak. LDII harus dapat memberikan kontribusi langsung pada masyarakat.

Chriswanto memaparkan ada delapan program prioritas LDII. Di antaranya, program kebangsaan, yaitu menjaga stabilitas negara yang merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

Kemudian program keagamaan, yakni melaksanakan dakwa di tengah masyarakat, terutama dakwah bil hal atau kegiatan nyata yang dapat dilakukan untuk umat. “Acuan kami adalah bagaimana dakwah LDII adalah dakwah bil hal, termasuk salah satunya kami membina kampung khusus penyakit kusta,” kata Chriswanto.

Pada program pendidikan, menurut Chriswanto Santoso, LDII menekankan pada pembangunan karakter. Serta beberapa program lainnya yaitu kesehatan alami, teknologi digital, ekonomi syariah, energi baru terbarukan, hingga pangan dan lingkungan hidup.

“Apa yang kami lakukan ini adalah dakwah bil hal, inilah sumbangsih kami untuk bangsa, dengan program ini saya yakin ini bisa disinergikan dengan pemerintah,” kata Chriswanto.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Walikota Medan Bobby Nasution, Ketua LDII Sumut Agus Purwanto dan para peserta Muswil yang hadir secara daring maupun luring.