Ekonomi Headline

Lima Belas Menteri Ekonomi  Bahas Pemulihan Ekonomi Dunia

mediasumutku.com| MEDAN- Lima belas Menteri Ekonomi Negara Peserta Perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) melakukan Pertemuan Intersesi ke-11 secara virtual.

Pertemuan ini membahas pemulihan ekonomi dunia dan perkembangan status draf Perjanjian RCEP untuk dapat ditandatangani pada tahun ini, sebagaimana diamanatkan para Kepala Negara/Pemerintahan RCEP pada KTT RCEP ke-3 di Bangkok bulan November 2019.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan tersebut menyampaikan, bahwa komitmen Indonesia kuat dan berharap agar perjanjian RCEP dapat ditandatangani tahun ini.

“Indonesia selaku negara koordinator RCEP telah memimpin perundingan selama lebih dari delapan tahun dan berkomitmen untuk terus mendorong penandatanganan Perjanjian RCEP sesuai target waktu yang telah diamanatkan para kepala negara / pemerintahan,”kata Mendag.

Momentum penandatanganan Perjanjian RCEP tahun ini lanjutnya, tidak boleh dilewatkan, mengingat peran penting RCEP dalam mendorong pemulihan ekonomi di tengah ketidakpastian perdagangan dunia dan pemulihan ekonomi pascapandemi global.

Pertemuan Intersesi ke-11 ini dipimpin Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam, Tran Quoc Khanh.

Dalam pertemuan, para menteri menyambut baik status draf Perjanjian RCEP yang dilaporkan Ketua Komite Negosiasi Perdagangan (Trade Negotiating Committee/TNC) RCEP, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo.

Para menteri juga mengapresiasi kerja keras seluruh anggota komite negosiasi perdagangan dan Working Group of Legal and Institutional Issues (WGLII) dalam memajukan penyelesaian proses legal scrubbing serta berbagai aspek yang terkait persiapan penandatanganannya.

Para menteri juga menyampaikan konfimasi mereka kembali bahwa RCEP akan terbuka bagi India di masa mendatang, mengingat kontribusi India sebagai negara peserta RCEP sejak awal perundingan RCEP dimulai.

Selain itu, para menteri juga membahas persiapan pelaksanaan Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) RCEP ke-4 yang akan diselenggarakan di sela-sela rangkaian Pertemuan KTT ASEAN ke-37 bulan November mendatang.(MS11)

Tinggalkan Balasan