Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Kesehatan

Masyarakat Asahan Perlu Diedukasi Bahaya Kanker Melalui Kader PKK

×

Masyarakat Asahan Perlu Diedukasi Bahaya Kanker Melalui Kader PKK

Sebarkan artikel ini

Asahan – Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) Hj. Nawal Lubis menggelar roadshow cegah kanker di Kabupaten Asahan, Jumat (26/3/2023).

Ketua TP PKK Asahan Hj.Titiek Sugiharti Surya diwakili Sekretaris TP PKK, Nuraisyah mengatakan, Kabupaten Asahan telah melekukan berbagai upaya dalam mensosialisasikan dan menyebarkan informasi terkait upaya dalam mencegah kanker, melalui pertemuan dengan TP PKK Kecamatan, dilanjutkan sampai ketingkat desa dan para kader dasawisma.

“Beberapa Kecamatan bahkan membuat inovasi dalam mensukseskan program dan mencegah kanker di Asahan, dengan melakukan pelayanan di setiap fasilitas yang sudah terjadwal setiap minggunya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua YKI Sumut Hj. Nawal Lubis menerangkan, kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal. “Sebenarnya kanker itu dapat di obatin, banyak masyarakat yang tidak tahu karena kurangnya sosialisasi ke masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:   Terkait Pembatalan Ibadah Haji, Ketua IPHI Sumut Harap Warga Sumut Bersabar

Nawal berharap, semua pihak maupun Kader PKK selalu menjadi corong buat menyampaikan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu yang ada di Asahan tentang penyakit kanker. “Penyakit kanker harus di tangani dengan serius dan di obati secara medis,” tegasnya.

Menurut Nawal, selain pola hidup sehat, upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, juga berperan penting mengurangi risiko terserang kanker. Jadi dengan Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan mengurangi tingkat kematian akibat kanker, karena pengobatan dan pencegahan telah dilakukan sedini mungkin.

Turut hadir Sekretaris YKI Sumut, Kadis Kesehatan Provsu, Kadis Kesehatan Kabupaten Asahan, DWP dan PKK Kabupaten Asahan. (MS10)

Baca Juga:   Enam Titik Penyekatan Larangan Mudik di Asahan