Medan

Medan Barat Jadi Pilot Project Sunat Massal Gratis, Kecamatan Lain Diminta Dapat Mengikuti

MEDAN-Tercatat, ada sekitar 200 anak yang mengikuti sunat massal gratis di SMP Negeri 16 Jalan Karya II, Kecamatan Medan Barat, Senin (26/12/2022).

Mereka rata-rata berusia sekitar 8-13 tahun yang berasal dari Kelurahan Karang Berombak, Sei Agul, Pulo Brayan Kota, Glugur Kota, Silalas dan Kesawan. Sejak pagi mereka telah berkumpul di SMP Negeri  6 ditemani orang tuanya masing-masing untuk mengikuti sunat massal gratis tersebut.

Turut hadir Walikota Medan Bobby Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Taufik Ririansyah, anggota DPRD Medan Robby Barus dan Abdul Rahman, Camat Medan Barat Lilik, unsur Forkopimda Kecamatan Medan Barat, KUA Medan Barat Masril Holomoan Harahap, Plt  Kepala Sekolah SMP Negeri 16 Medan Syahbilal serta tokoh masyarakat.

Di acara sunat massal gratis itu, Bobby Nasution memberikan bingkisan berupa sarung dan tumbler kepada 200 anak yang mengikuti sunat massal secara simbolis kepada 10 orang anak.  Dalam sambutannya, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu sangat mengapresiasi digelarnya sunat massal gratis tersebut.

Selain diikuti 200 anak, jelas Bobby Nasution, sunat massal dilaksanakan saat ana-anak sedang libur sekolah.

“Ditambah lagi, sunat massal gratis yang dilaksanakan Kecamatan Medan Barat ini berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan yang menurunkan 18 orang tenaga media baik itu dokter  dan paramedis,” kata Bobby Nasution.

Selain itu, apresiasi Bobby lagi,  biaya yang digunakan untuk melaksanakan sunat massal merupakan hasil swadaya dari jajaran Kecamatan Medan Barat serta didukung  para donator, tokoh agama, tokoh masyarakat yang tidak mengikat di Kecamatan Medan Barat. “Saya berharap Medan Barat menajadi pilot project dan diharapkan dapat diikuti kecamatan lainnya,” harapnya.

Usai menyampaikan sambutan, Bobby Nasution selanjutnya meninjau pelaksanaan sunat massal tersebut.  Ada 6 ruangan yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan sunat massal tersebut. Sambil mengelus rambut, Bobby pun memberi semangat kepada sejumlah anak yang tengah terbaring menjalani sunat massal tersebut. (MS7)