Berita Sumut Headline Religi Sumut

MTQ dan FSQ Kabupaten Sergai Usai, Dolok Masihul dan Perbaungan Raih Juara Umum

SERGAI-Setelah diselenggarakan selama 5 hari, gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-18 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-19 yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), akhirnya ditutup di Halaman Masjid Agung Sergai, Jumat (18/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengungkapkan jika kegiatan ini memiliki tujuan mulia yaitu untuk mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam.

“Sejalan dengan upaya mewujudkan masyarakat yang religius, maka Pemkab Sergai akan senantiasa berupaya menyelenggarakan event yang bersifat keagamaan serta juga berupaya mencari bakat-bakat baru yang ada di Kabupaten Sergai khususnya di bidang Musabaqah dan Seni Qasidah yang diharapkan dapat membawa nama baik Kabupaten Sergai di tingkat provinsi maupun nasional,” ucap Bupati.

Di momen ini, Bupati Sergai mengucapkan selamat kepada para pemenang atas prestasi yang telah dicapai. Dirinya berharap kiranya para pemenang MTQ dan FSQ yang nantinya akan dikirim menjadi duta Kabupaten Sergai pada MTQ ke-38 serta FSQ Tingkat Provinsi Sumut di tahun ini, dapat menjadi khafilah yang diperhitungkan oleh kabupaten yang lain dan dapat meraih prestasi yang membanggakan bagi kabupaten Sergai.

“Sedangkan bagi para peserta dan khafilah yang belum memperoleh keberuntungan untuk tampil sebagai juara, kiranya dapat berusaha dan berlatih lebih giat sehingga nantinya pada event yang akan datang, keinginan untuk tampil sebagai juara dapat diraih,” hibur Bupati.

Terakhir, Bupati Sergai menyampaikan terima kasih kepada panitia dan berbagai pihak yang berpartisipasi dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat terselenggara dengan sukses.

“Semoga hal baik yang kita lakukan bisa menjadi amal ibadah bagi kita. Insya Allah,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, di kesempatan yang sama menekankan pentingnya penerapan prokes dan vaksinasi di tengah situasi pandemi nasional yang saat ini sedang memasuki gelombang ketiga.

“Pandemi belum usai sehingga kewaspadaan kita masih dituntut untuk dapat melewati semua ini. Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah menjalankan protokol kesehatan dalam perjalanan gelaran MTQ dan FSQ kali ini,” ucap Wakil Bupati.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat agar mendukung program vaksinasi, baik vaksinasi I, II dan booster.

“Mari ajak keluarga, tetangga, dan seluruh handai taulan untuk ikut vaksin. Bagi yang sudah memungkinkan untuk ikut vaksin booster, segera datangi sentra vaksinasi terdekat. Semuanya gratis. Selain itu, keterlibatan kita dalam usaha ini akan menentukan keberhasilan bersama dalam mengentaskan pandemi,” tandasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh berbagai pihak terhadap pelaksanaan MTQ dan FSQ tahun ini. Salah satunya datang dari Dilly Prastika, perwakilan pengusaha sound system asal Sergai yang dinaungi Neutron Production. Selain memuji kesuksesan acara tahun ini, Dilly juga mengapresiasi Pemkab Sergai yang melibatkan para pengusaha dari berbagai kawasan di Sergai. Ini tentunya memberi dampak positif bagi para pengusaha sound system yang secara ekonomi cukup terdampak pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang sudah mengajak pengusaha sound system seperti kami untuk menyukseskan MTQ dan FSQ. Ini tentu berkah yang berarti bagi kami untuk bertahan di tengah situasi Covid-19,” ucapnya.

Selain itu Nila, salah seorang warga Serbajadi, menilai perhelatan MTQ dan FSQ di Sergai tahun ini berjalan dengan sukses. Orang tua dari salah satu peserta ini menyebut, kegiatan semacam ini sangat positif bagi perkembangan generasi muda dalam menghayati nilai-nilai agama.

“Sebagai orang tua tentu kami merasa bersyukur, karena lewat acara ini anak-anak sebagai generasi muda dapat mengaktualisasikan diri dan bakatnya di bidang keagamaan, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat fondasi keimanan generasi muda. Semoga kegiatan ini bisa tetap berjalan rutin setiap tahun,” ucapnya.

Dalam gelaran MTQ ke-18 ini, Dolok Masihul keluar sebagai juara umum, sedangkan Kecamatan Perbaungan meraih prestasi serupa di ajang FSQ ke-19.

Hadir dalam kegiatan ini unsur Forkopimda Sergai, Para Kepala OPD, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua Darma Wanita Sergai Ny. Hj. Uke Retno Faisal Hasrimy, unsur LASQI Sergai, Dewan hakim MTQ ke-18 dan FSQ ke 19 Sergai, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.