Berita Sumut Headline Sumut

Palas Dapat Alokasi Rp170 Miliar untuk Infrastruktur Jalan

PALAS – Mendapat alokasi dana Rp170 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Plt Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan jalan dengan total panjang sekitar 30 Km.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur yang telah mengalokasikan Rp170 miliar hanya untuk jalan saja, karena jalan yang layak memang sangat kami butuhkan,” kata Ahmad Zarnawi Pasaribu di acara pertemuan Gubernur Sumut dengan Camat, Kepala Desa, guru dan OPD Kabupaten Palas, Jumat (14/10) di Gedung Serbaguna Palas.

Setidaknya ada delapan ruas jalan di Palas yang masuk dalam proyek Multi Years Contract (MYC) Pemprov Sumut. Antara lain Jalan Sibuhuan-Penyabungan 6 Km, Binanga – Aek Nabara Tonga 2,2 Km, Ujungbatu – Batas Riau 3,4 Km, Sibuhuan – Ujungbatu 3,6 Km, Paringgonan – Sibuhuan 1,6 Km, Sihaporas (batas Paluta) – Paringgonan 6,3 Km, Aek Nabara Tonga – Sibuhuan 4,5 Km, Aliaga – Muara Tige – Batas Riau 4,5 Km. Juga akan dilakukan pembangunan 3 box culvert di ruas jalan Sihaporas – Paringgonan. Ada juga pembangunan jembatan, dan gorong/drainase sepanjang 4 Km.

Perbaikan jalan, menurut Edy Rahmayadi, akan memberikan dampak besar pada perekonomian suatu daerah. Walau begitu, Edy Rahmayadi juga meminta dukungan semua pihak agar proyek perbaikan infrastruktur jalan di Palas sukses dan lancar.

“Kita ingin masyarakat bisa menikmati jalan yang layak, itu juga akan mengurangi cost distribusi barang/jasa, yang akan meningkatkan perekonomian kita, makanya itu harus sama-sama kita dukung,” kata Edy Rahmayadi pada acara tersebut didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis.

Edy Rahmayadi juga memberikan motivasi terutama kepada Kepala Desa yang hadir untuk memaksimalkan Dana Desa. Mendorong Kepala Desa agar lebih kreatif dan inovatif membimbing masyarakatnya untuk lebih maju.

“Ayo Pak Kepala Desa, kalian setiap tahun dapat anggaran, maksimalkan, efektif, kalau kalian bikin mantap desa kalian datang aku ke sana, saya tambahi uang kalian, tak perlu berebut ke kota, tapi harus ada kehidupan lebih baik di desa. Camat juga harus ikut, bantu desa-desanya,” kata Edy Rahmayadi sembari menunjukkan video desa-desa maju di Jawa.

Edy Rahmayadi juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat setempat, alat pertanian, paket kesehatan dan alat kesehatan untuk Puskesmas dan Puskesmas Pembantu.

Turut hadir di acara ini beberapa OPD Pemprov Sumut seperti Plt Kadis Kominfo Ilyas Sitorus, Plt Kabiro Kesra Baharuddin Siagian, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede, Kadis Sosial Basarin Yunus Tanjung, serta OPD terkait lainnya. Hadir juga Sekda Palas Arpan Nasution dan OPD terkait, tokoh agama, masyarakat, pendidikan dan budaya.