Berita Sumut Headline Sumut

Parlindungan Purba Tinjau Persiapan F1H20 dan Kawasan Wisata Danau Toba

PARAPAT-Tokoh Masyarakat Sumatera Utara Parlindungan Purba menyempatkan diri untuk melihat langsung persiapan terminal F1H20 dimana Indonesia untuk kali pertama akan menjadi tuan rumah ajang balap speed boat F1H20 (F1 Powerboat) pada tahun 2023.

Kunjungannya ke daerah adalah sekaligus untuk menyapa masyarakat yang mudik ke kampung halaman dan memastikan kesiapan pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas di beberapa titik yang dicurigai berpotensi menimbulkan kemacetan serta kawasan wisata yang ada di Danau Toba.

“Hari ini, Sabtu (31/12/2022) saya turun langsung ke kawasan Danau Toba dan melihat persiapan pembangunan terminal F1H20 serta pelaku wisata dalam mendukung kunjungan wisatawan ke Danau Toba,” kata Parlindungan Purba.

Berdasarkan pantauan kita di lapangan, lanjutnya pembangunan terminal sedang berlangsung dan diharapkan pada tanggal pelaksanaan event internasional nanti sudah siap digunakan.

“Info dari penanggungjawab pembangunan, ajang adu cepat di atas air itu akan dilangsungkan di Danau Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari tahun 2023 nanti,” kata mantan Anggota DPD RI Asal Sumut ini.

Secara khusus, kata Parlindungan kita mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang mendukung penuh pembangunan di kawasan Danau Toba, terimakasih juga kepada Presiden RI Joko Widodo, Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan serta kepala daerah di kawasan Danau Toba.

Menpora Zainudin Amali dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa F1H2O merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil.

“Toba, atau Danau Toba tiba tiba jadi bahasan, jadi berita di banyak negara. Para penggemar balap F1 Power Boat tentu mulai siap-siap mencari informasi tentang Toba,” katanya.

Parlindungan Purba menambahkan, dengan dilaksanakannya event F1H20 ini diharapkan akan mendorong pemerintah pusat maupun daerah, utamanya masyarakat sekitar Toba untuk mempersiapkan diri memenuhi harapan para wisatawan yang sekaligus penonton F1 Power Boat.

“Kita pastikan, peserta dan wisatawan yang datang tidak hanya akan menonton pertandingan, tapi akan lebih banyak menikmati keindahan Danau Toba,” tandasnya.