Politik

Pasangan Suami Istri di Asahan Bertarung di Pilkades, Kampanye dan Nyoblos Bareng

Asahan – Pasangan suami istri (pasutri) Jonner Siagian dan Emelia Tambunan saling berhadapan dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa Rawang Pasar VI, Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

Meski saling rival dalam kontestasi politik Pilkades, kedua pasutri ini terlihat kompak melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 01, Rabu (7/9/2022).

Keduanya bahkan terlihat saling bergandengan tangan dengan berjalan kaki diantar sejumlah warga lainnya ke TPS yang berjarak hanya sekitar dua puluh meter dari kediaman keduanya.

Tak tampak seperti rival politik, keduanya malah mesra masuk ke dalam bilik suara masing-masing untuk mencoblos kertas suara hingga memasukkannya ke kotak suara. Dihadapan warga desa lainnya yang hadir di TPS baik Jonner maupun Emelia saling melempar senyum dan menyapa warga.

“Dengan tidak adanya masyarakat yang mencalonkan watu masa pendaftaran kemarin maka istri saya sendiri inisiatif mendaftarkan diri sebagai lawan saya di Pilkades,” kata Jonner Siagian.

Secara aturan tidak ada yang dilanggar dengan hadirnya Emelia sebagai lawan politik Jonner meskipun keduanya pasangan suami istri. Jonner merupakan Kades incumben yang menjabat di periode 2016-2022.

“Mungkin karena harapan masyarakat kepada saya untuk maju lagi sebagai Kades masih tinggi hingga tak ada satupun yang mendaftar untuk maju akhirnya istri saya lah yang maju melawan saya di Pilkades,” ujarnya.

Kendati didukung mayoritas masyarakat, Jonner tak ingin jumawa dan meyakini dirinya menang. “Kita lihat sajalah nanti berapa suaranya waktu penghitungan,” katanya.

Sementara itu, Emelia menyebut ketika masa kampanye lalu mereka malah kompak berkampanye mensosialisasikan program untuk masyarakat desa jika nanti menjabat dan terpilih.

“Saya yakin dan siap jika nanti banyak masyarakat yang memilih,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pilkades serentak tahun 2022 di Asahan diikuti 89 desa. Ada sebanyak 307 orang calon kades yang bertarung dalam pemilihan tersebut. (MS10)