Headline Kesehatan Sumut

Riadil : Ada 338 Kasus ODP , 48 Kasus PDP, Terpapar Virus Corona 1 Pasien dan Seorang Meninggal

Mediasumutku.com | Medan – Setidaknya ada 338 orang dalam pemantauan atau ODP yang terdata. Untuk pasien dalam pengawasan atau PDP berjumlah 48 orang. Untuk yang Positif Virus Corona Berjumlah 2 orang dan satu pasien telah meninggal dunia.

Demikian hal yang dikatakan Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan wabah Covid 19 atau Virus Corona Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan Direktur RSUP Haji Adam Malik dr Restuti Handayani Saragih, di Media Centre, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Riadil, sekarang ini 48 PDP menjalani perawatan di 18 Rumah Sakit yang ada di 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumut. Kelima daerah yang merawat PDP itu adalah Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten serdangbedagai, dan Kabupaten Tobasa.

Riadil meminta para Bupati dan walikota untuk dapat melibatkan Akademisi, ilmuan, dan pusat penelitian untuk dapat memodifikasi disinfektan yang makin sulit didapatkan di pasaran.

Dalam kegiatan sosialisasi, para Bupati dan walikota se Sumut untuk dapat melibatkan elemen TNI dan Polri, mulai Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kelompok sosial masyarakat untuk memberikan pengetahuan pencegahan wabah virus ini, kata Riadil.

Selanjutnya, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut Dr Alwi Mujahit Hasibuan, kepada 338 Orang dalam Pemantauan atau ODP untuk sukarela mengisolasikan dirinya dengan tidak keluar dari rumah, karena 14 hari kedepan, sewaktu diketahui terjangkit Virus Covid 19 dapat menularkan kepada manusia lainnya.

Alwi dalam sosialisasi bahaya virus covid 19, mengakui bahwa pihaknya telah merekrut relawan untuk dilatih dalam sosialiasikan penanganan virus Covid 19. Adapun relawan tercatat yakni Pramuka, Mercy, dan Organisasi Kepemudaan, ucap Alwi.

Alwi berharap Pemerintah Pusat segera mengirimkan Rapid tes, karena dengan alat ini kita bisa memisahkan dan memetakan antara yang sehat dan yang berpotensi Covid 19.

Sementara itu, Direktur RSUP Haji Adam Malik dr Restuti Handayani Saragih, mengatakan ada 48 PDP masih ditanggani dan dirawat para dokter dan medis. Untuk para dokter dan para medis untuk waspada terhadap 48 PDP.

Para medis dan perawat harus teliti dan jeli, awasi perkembangan 48 PDP, kenali ciri orang terkena Virus Corona, mulai dari riwayat penyakit dari pengamatan di RS, apakah demam, flu dan sesak nafas hingga riwayat perjalanan pasien baik keluar negeri atau ke daerah pandemi corona dalam negeri, terang Restuti.