Berita Sumut

Pasokan Air Sawah Irigasi di Asahan Dipastikan Aman

ASAHAN– Bupati Asahan, Surya, memastikan pasokan air sawah irigasi di Asahan berjalan aman. Hal itu karena saat ini Kabupaten Asahan sedang melakukan pembangunan bendungan dan suplesi di Sungai Silau, yang terletak di Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, Asahan.

Hal itu dikatakan Bupati Asahan saat meninjau proyek pembangunan bendungan tersebut, Rabu (6/10/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Asahan, Surya, mengatakan, pembangunan bendungan ini merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat dan dia berharap pengerjaan bendungan ini dapat segera tuntas sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan.

“Pemerintah Kabupaten siap membantu pembangunan bendungan ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku serta merugikan masyarakat Kabupaten Asahan,” kata Bupati.

Saat meninjaiu, Bupati Asahan didampingi oleh PPK Irigasi dan Rawa II Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Kepala SNVT PJPA Sumatera II, Kepala Dinas PU dan PR Kabupaten Asahan (mewakili), Kepala Bappeda Kabupaten Asahan (mewakili), Camat Kecamatan Buntu Pane, Kepala Desa Buntu Pane dan Kepala Desa Karya Ambalutu.

PPK Irigasi dan Rawa II BWS Sumatera II, Indra Kurnia dihadapan Bupati Asahan menyampaikan tujuan dari pembangunan proyek tersebut untuk mengairi Daerah Irigasi Sei Silau yang terdiri dari Hilir Sei Bunut dan Sei Beluru untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah hilir tersebut.

“Dalam pembangunan proyek ini ada kendala yang dihadapi. Karenanya, ia meminta dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Asahan, sehingga kendala tersebut dapat diatasi,” ujarnya. (MS10)