Medan

Pekerjaan Tahap I Revitalisasi Lapangan Merdeka Ditargetkan Selesai 16 Februari 2022

MEDAN-Proses pembangunan Revitalisasi Lapangan Merdeka terus berlangsung. Ditargetkan, pada 16 Februari 2023 ini pekerjaan Tahap I meliputi pemasangan bor pile dan penggalian untuk basement selesai.

Demikian dikatakan Kadis Perumahan Kawasan Permukiman Cipta  Karya Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, di ruang kerjanya, kemarin.

“Sampai akhir tahun 2022, pekerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka Tahap I telah mencapai 80 persen. Ditargetkan pada 16 Februari ini selesai dan akan dilanjutkan lagi pekerjaan Tahap II yang bersumber dari APBD murni Tahun 2023 dan 2024,” ucapnya.

Endar menjelaskan, pemasangan bor pile sebanyak 1.800 lebih dan penggalian untuk bangunan basement merupakan dua pekerjaan mayor pada Tahap I kegiatan Revitalisasi Lapangan Merdeka.

“Saat ini kalau untuk pemasangan bor pile sudah selesai semua. Yang belum selesai adalah penggalian ke pembuangan ke tujuan dan pemasangan konstruksi capping beam sepanjang 100 meter lagi. Dalam dua hari ini, yang 100 meter itu akan siap,” ungkapnya.

Endar mengatakan, tanah galian Lapangan Merdeka ini dimanfaatkan untuk menimbun lahan pembangunan Islamic Center, TPA Terjun, dan rencana lapangan sepak bola di Sicanang.

Terkait ini, Endar mengatakan, faktor cuaca cukup mempengaruhi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan pekerjaan mobilisasi tanah galian ke lahan Islamic Center, TPA Terjun, dan rencana Lapangan Sepak Bola di Sicanang turut terkendala.

“Target kita per hari 120 trip hanya bisa tercapai 90 trip. Jadi ada 30 persen resistensinya,” ungkapnya.

Endar mengatakan, sore tadi dia baru selesai melakukan rapat teknis dengan pelaksana pekerjaan Tahap I Revitalisasi Lapangan Merdeka, termasuk juga dengan pelaksana pekerjaan Islamic Center, dan TPA Terjun.

“Tadi sudah dibangun komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan paling lambat 16 Februari 2023,” tandasnya. (MS7)

 

 

Tinggalkan Balasan