Berita Sumut Sumut

Pelayanan Publik di Serdang Bedagai Meningkat, Adminduk Makin Mantap

SERGAI- Perhatian tinggi Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, terhadap kualitas pelayanan publik di Sergai, kini menuai hasil yang sangat baik.

Salah satu sektor pelayanan publik yang mengalami peningkatan performa secara signifikan adalah administrasi kependudukan (adminduk) lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sergai.

Semakin baiknya pelayanan adminduk Disdukcapil Sergai tidak terlepas dari inovasi program yang diusung lewat 10 simpul pelayanan publik. Program ini berjalan dengan konsep desentralisasi pelayanan adminduk di 10 titik pelayanan.

Adapun 10 titik pelayanan tersebut tersebar di kecamatan Tebing Tinggi, Dolok Merawan, Teluk Mengkudu, Serba Jadi, Dolok Masihul, Perbaungan, Pantai Cermin, Sipispis, Silinda, dan Tebing Syahbandar dengan wilayah kerja sampai dengan Bandar Khalifah.

Adanya 10 simpul pelayan publik ini tentu secara drastis mengurangi beban masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan. Kalau dulu warga dari seluruh kecamatan mesti datang ke pelayanan terpusat di Sei Rampah, sekarang hal tersebut tidak lagi diperlukan. Dengan titik-titik simpul pelayanan adminduk, masyarakat bisa menyesuaikan jarak tempuh yang lebih dekat sesuai dengan domisili masing-masing.

Peningkatan ini tentu mendapat respons yang positif dari masyarakat. Salah satunya Sariana Feronika boru Sirait. Warga Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khilafah ini, Senin (1/8/2022) di Kantor Camat Tebing Syabandar, mengungkapkan rasa puasnya terhadap pelayanan Disdukcapil yang ia nilai sangat baik.

Sarinah yang ingin mengurus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), sekarang cukup mendatangi pelayanan Disdukcapil Kecamatan Tebing Syabandar. Selain jaraknya dekat, dirinya mengaku terkejut karena sempat salah memperkirakan estimasi waktu yang diperlukan untuk urusan pembuatan e-KTP.

“Awalnya saya pikir paling cepat e-KTP ini selesai dalam 1-2 hari kerja. Bahkan bisa jadi 1 minggu. Rupanya dugaan saya keliru. Tidak sampai 1 jam, ternyata sudah selesai. Cepat sekali. Belum lagi sekarang untuk mengurus dokumen kependudukan, saya tidak perlu jauh-jauh ke Sei Rampah. Sudah ada pelayanannya sendiri di Tebing Syahbandar,” puji Sarinah.

Untuk seluruh kemudahan ini, dirinya menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai. Menurut Sarinah, keduanya benar-benar menunjukkan komitmen kerja yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu dalam keterangannya, petugas simpul pelayanan publik Disdukcapil Sergai Kecamatan Tebing Syahbandar, Khairanitika, menyebut jika di titik simpul pelayanan publik Disdukcapil Sergai, masyarakat tidak hanya dapat mengurus e-KTP, tapi juga dokumen kependudukan lain seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Kawin, serta beberapa pengurusan adminduk lainnya.

“Semoga pelayanan serupa bisa diimplementasikan di seluruh kecamatan se-Sergai,” harapnya.

(MS8)