Nasional

Pembangunan Non Fisik di TMMD Kodim 0208/AS Aspek Penting Bangun SDM Masyarakat Desa

Asahan – Disamping pembangunan fisik, aspek pembangunan nonfisik juga menjadi sasaran penting dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Pembangunan nonfisik sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa nasionalisme masyarakat dari berbagai ancaman bangsa. Disamping itu pembangunan non fisik juga menjadi bagian dari pembangunan sumber daya masyarakat (SDM) di desa.

“Pelatihan kemandirian ekonomi masyarakat, keterampilan, penyuluhan hingga pengobatan masal juga menjadi sasaran di dalam kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022 ini,” kata Komandan Kodim 0208 Letkol Inf Franki Susanto saat berbincang bersama wartawan, Jumat (21/10/2022).

Adapun pembangunan non fisik yang dilakukan pihaknya antara lain, pelatihan mitigasi bencana kebakaran, penyuluhan masuk TNI, pelatihan penanaman pohon kelapa, penyuluhan bela negara wawasan kebangsaan, pelatihan keterampilan pembuatan batok kelapa, kegiatan penyuluhan KB.

Selanjutnya pelatihan Kamtibmas, budidaya ikan air tawar, penyuluhan penyalahgunaan narkoba, pelatihan penanaman pohon pisang, mangrove cabai, gula merah dari kelapa sawit, hingga pengobatan masal dan posyandu.

“Ada 14 kegiatan non fisik yang sedang berjalan dan dilaksanakan dalam TMMD ini diharapkan bisa bermanfaat serta menjadi modal keterampilan baru unntuk masyarakat yang menjadi desa sasaran,” ujarnya. (MS10)