Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Berita Sumut

Pemerintah Labuhan Batu selatan mendukung penuh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

×

Pemerintah Labuhan Batu selatan mendukung penuh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sebarkan artikel ini

Labuhanbatu Selatan,– Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan secara simbolis menyerahkan 1.000 kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2024 kepada pekerja rentan yang tersebar di desa dan kelurahan se-Labusel.

Acara penyerahan ini dilakukan oleh Bupati Labuhanbatu Selatan, H Edimin, di aula kantor Camat Sungai Kanan, Selasa (9/7/2024).

Dalam sambutannya, Bupati H. Edimin menyampaikan bahwa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan telah membiayai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi 11.000 pekerja rentan di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, hingga saat ini, sudah 11.000 peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan kita biayai dari APBD Kabupaten Labusel sebesar 2,2 miliar rupiah yang kita bayarkan setiap tahunnya,” ujar Bupati.

Penyerahan kartu kepesertaan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk memberikan perlindungan sosial kepada pekerja rentan. Pekerja rentan, yang sering kali tidak memiliki akses ke jaminan sosial ketenagakerjaan, kini dapat merasa lebih aman dengan adanya perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dikatakan Bupati, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan terus berupaya untuk memastikan bahwa setiap pekerja rentan mendapatkan akses ke jaminan sosial Ketenagakerjaan. Melalui alokasi APBD yang signifikan, pemerintah daerah menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga:   Parsadaan Luat Portibi Gelar Buka Puasa Bersama, Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Bupati H. Edimin juga menyatakan bahwa program ini tidak akan berhenti di sini dan pihaknya akan terus mencari cara untuk memperluas jangkauan program ini dan memastikan bahwa lebih banyak pekerja rentan dapat merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan demikian masyarakat yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pekerja rentan di Labuhanbatu Selatan akan mendapatkan berbagai manfaat, termasuk jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Labuhanbatu Selatan, Amri Irwansyah, menambahkan bahwa program ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja rentan.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang telah memberikan perhatian besar kepada pekerja rentan. Dengan adanya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja ini kini memiliki perlindungan yang lebih baik dalam menghadapi risiko kerja,” kata Amri.

Program ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pekerja rentan dan keluarganya, serta mendorong mereka untuk bekerja dengan lebih produktif.

Baca Juga:   Walikota PSP Ajak Warga Lestarikan Kearifan Lokal

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Labuhanbatu Selatan, Wahyudi  juga berharap bahwa program ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

“Kami berharap inisiatif ini dapat diadopsi oleh pemerintah daerah lain, sehingga lebih banyak pekerja rentan di seluruh Indonesia dapat menikmati perlindungan sosial yang memadai,” ujar Amri.

Selain itu, Wahyudi juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, BPJS Ketenagakerjaan, dan masyarakat untuk mencapai tujuan ini.

“Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam memberikan perlindungan terbaik bagi pekerja rentan. Hanya dengan sinergi yang kuat, kita dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera dan terlindungi,” katanya.

Program ini juga mendapatkan dukungan positif dari masyarakat. Salah seorang pekerja rentan yang menerima kartu kepesertaan, Siti Aminah, mengungkapkan rasa syukurnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Labuhanbatu Selatan dan BPJS Ketenagakerjaan atas perhatian mereka. Dengan adanya kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, saya merasa lebih tenang dan terlindungi,” ujar Siti.

Penyerahan 1.000 kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja rentan di Labuhanbatu Selatan merupakan langkah penting dalam memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat.

Baca Juga:   Dugaan Korupsi Pengadaan IPAL, Kejari Padangsidimpuan Tahan Mantan Kadis LH Provsu dan 2 Tersangka Lainnya

Dengan komitmen pemerintah daerah dan dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan program ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi pekerja rentan di Indonesia.

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran, Aziz Muslim, turut memberikan pernyataan terkait inisiatif ini.

Ia mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang telah memberikan perhatian besar kepada pekerja rentan. Inisiatif seperti ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, BPJS Ketenagakerjaan, dan masyarakat dalam memberikan perlindungan yang layak bagi pekerja rentan

Aziz juga menambahkan bahwa kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi pekerja rentan.

“Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pekerja rentan di Labuhanbatu Selatan akan mendapatkan berbagai manfaat, termasuk jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. Program ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pekerja rentan dan keluarganya, serta mendorong mereka untuk bekerja dengan lebih produktif,” tambahnya. (MS10)