Berita Sumut Sumut

Pemkab Sergai Gelar Upacara HUT RI dan Silaturahmi dengan Veteran

SERGAI– Di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-77, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Lapangan Apel Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (17/8/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai H. Darma Wijaya bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Perwira Upacara Kapten Infantri Sucipto.

Pasca upacara yang berjalan dengan lancar ini, Bupati Sergai menyampaikan apresiasi kepada para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Dirinya bersama Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, juga memberikan semangat dengan ikut bersama menyanyikan yel-yel pembangkit semangat.

Ada pun Paskibra terdiri dari Saiful Arbi, M. Rio Johana Putra, M. Rafly Witomo Barus, Rizky Ramadhan Hasibuan, Fadlyn Faried’s Framana Ratu Wety, Evi Diana, Putri Wahdinu, Indri Adelia Putri, Fialisa Effendi Lubis, Indah Lestari.

Selanjutnya, Dwita Amalia, Yudi Kurniawan, Putri Camara Vicasia, Prawira Pangestu, Abdul Qori Sujagat, Arya Rivaldi, Jumroh.

Upacara ini juga diikuti oleh Sekdakab Sergai H. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kasdim 0204/DS Mayor Czi TM Panjaitan, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Mewakili Kapolres Tebing Tinggi, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Kepala BNN Sergai Ir. Pinondang Poltak Marganda, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, Kepala BPN Sergai Joko Sutari, Kepala BPS Sergai Herman dan undangan lainnya.

Bersama dengan anggota paduan suara, Bang Wiwik, sapaan akrabnya, juga tampak bersamangat menyanyikan Mars Sergai.

“Alhamdulillah, Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI berjalan dengan lancar dan khidmat. Walau masih dalam suasana pandemi, tapi kita masih bisa melaksanakan momen penting ini dengan baik,” jelasnya.

Di hari kemerdekaan negara ini, Bupati dan Wabup Sergai berkesempatan menjajal mobil bantuan pemadam kebakaran yang merupakan banguan dari Kementerian Dalam Negeri tahun 2022.

Mobil pabrikan Korea Selatan bermerk Hyundai ini berkapasitas 3.000 liter dengan double cabin, dioperasikan menggunakan penggerak otomatis.

Saksikan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Setelah itu, kegiatan Bupati dan Wagub beserta Forkopimda Plus dilanjutkan dengan menyaksikan secara virtual detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta.

Di momen hari kemerdekaan ini, keduanya juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan para veteran Sergai. Bersama para pejuang bangsa ini, keduanya dan para Forkopimda Kabupaten Sergai bercengkrama, menapaktilasi perjuangan di masa lalu yang akhirnya melahirkan Indonesia Raya.

Bupati Sergai berkomentar, kehadiran veteran akan menjadi kekuatan dan motivasi generasi bangsa dalam menanamkan kembali pentingnya arti nilai kepahlawanan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada veteran. Jasa dan pengorbanan beliau-beliau ini tidak akan dapat terbalas. Dan kita juga harus berterimaksih bagi para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan NKRI. Kita tunjukkan rasa syukur kita lewat kontribusi dan terus semangat meneruskan cita-cita membangun bangsa,” tandasnya. (MS8)