Berita Sumut Sumut

Pemkab Sergai Targetkan 80 Persen Pelaku UMK di Sergai Masuk ke Ekatalog

SEI RAMPAH– Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyalurkan bantuan sarana kelembagaan kepada para pelaku Usaha Mikro dan Kecil serta Koperasi yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Bantuan sarana berupa mesin giling, mesin pengering, blender dan lain sebagainya diserahkan kepada 12 pelaku UMK dan 2 koperasi di Pendopo Kerajaan Bedagai, Jumat (18/11/2022).

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dalam sambutannya yang diwakili Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong pelaku UMK. Bantuan stimulus diberikan agar produksi meningkat serta pemasaran menjadi lebih baik.

“Kami harap bantuan ini dapat membantu produksi pelaku UMK dan mengurangi cost pengeluaran, ” Ungkapnya.

Ia juga mendorong agar pelaku UMK terus didorong untuk mengurus NIB nya agar masuk ke Ekatalog. ” UMK harus didorong untuk ikut proses lelang di Serdang Bedagai. Kita dorong pelaku usaha kita miliki NIB. Target kami bersama pak Bupati, tahun depan 80 persen UMK kita sudah masuk ke ekatalog dan belanja modal kita melalui APBD sudah melalui ekatalog. Jadi saat kita butuh makan minuman kita tinggal klik dan pilih. Bayarnya juga bisa melalui non tunai,”ucapnya.

Untuk itu dibutuhkan inovasi dari instansi terkait untuk mempermudah pengurusan izin NIB. Salah satunya dengan menjemput bola ke pelaku UMK.

“Dinas perizinan saya minta harus melakukan jemput bola pengurusan NIB. Kita terus dorong pelaku usaha hidup, proses beli barang menggunakan APBD tahun depan sudah bisa melalui ekatalog dengan mengurus izin dan ketentuan yang ada. Sebab kemajuan teknologi memaksa kita juga harus memanfaatkannya, “harapnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai Rosmaida Darma Wijaya mengharapkan agar bantuan yang diberikan melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan UMK.

“Bapak ibu ini orang yang beruntung bisa menerima bantuan. Sehingga pelaku UMK kami dapat terus bangkit. Harapan saya
UMK juga bagian dari binaan TP PKK Sergai, jadi dukungan ini sangat membantu kami dalam menyejahterakan UMK, ” Tambahnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Fajar Simbolon melaporkan jika bantuan ini diberikan kepada pelaku UKM berupa alat produksi. Ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi.

“Ini dilakukan karena mereka terdampak covid dan inflasi. Pelaku UMK yang kita berikan bantuan sebanyak 12 orang. Dan bantuan sarana kelembagaan koperasi sebanyak 2 koperasi, ” Tandasnya. (MS8)