Medan

Pemko Medan Gelar Patroli Secara Massif

MEDAN-Pemerintah Kota Medan menggelar patroli secara massif untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada warga saat merayakan Idulfitri.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kaban Kesbangpol, Arjuna Sembiring, pada Safari Ramadan Pemko Medan di Masjid Jami’ Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kamis (28/4/2022).

Dalam kegiatan yang dihadiri unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Ketua BKM Jamik Aur, H.M. Ridwan, jamaah, warga, dan para anak yatim di Kecamatan Medan Maimun itu, Arjuna juga menyebutkan, pemerintah sudah membolehkan mudik dalam momen Idulfitri ini. Tentu warga Medan banyak pula yang pulang kampung. Untuk itu, lanjutnya, Pemko Medan akan melakukan patroli secara massif sebagai antisipasi terjadinya tindak kriminal, kekerasan dan premanisme saat warga merayakan Idulfitri.

Dia juga menyebutkan, Pemko bersama TNI/Polri terus memberantas premanisme dan meningkatkan kondusivitas sehingga Medan menjadi kota yang nyaman dan aman bagi warganya serta berkah, maju, dan kondusif.

Di kesempatan itu, Arjuna juga mengetengahkan soal program masjid mandiri. Disebutkannya, salah satu ciri masjid mandiri adalah mempunyai usaha  yang berbadan hukum. Karena itu, Pemko Medan akan membantu BKM untuk mengurus akta koperasi. Selain itu, Pemko juga akan membantu pengadaan bahan kebutuhan pokok yang akan dijual. Selanjutnya, keuntungan usaha harus dimanfaatkan untuk mengayomi warga sekitar yang membutuhkan.

“Jika masjid-masjid di Medan melaksanakan program ini, tentu akan menjadi solusii dalam menyelesaikan perekonomian umat,” ucapnya.

Dalam acara yang juga diisi tausyiah ustad H.M. Ilyas Halim itu, Pemko Medan menyerahkan bantuan untuk renovasi Masjid Jami’ Aur sebesar Rp50 juta. Selain itu, Pemko Medan menyerahkan Paket Ramadan kepada BKM dan tali asih kepada para anak yatim piatu. (MS7)