Headline Kesehatan Medan

Pemko Medan Gelar Program “Sejuta Masker” Untuk Warga Medan

Mediasumutku.com | Medan — Ditengah pandemi Covid -19, Pemerintah Kota atau Pemko Medan terus berupaya memutuskan penyebaran virus Corona melalui Program “Sejuta Masker”. Semoga adanya program ini bisa menyelamatkan orang terpapar dari Virus tersebut.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution saat rapat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Gedung Dharma Wanita Medan, Rabu (15/4/2020).

Menurut Akhyar, pihaknya akan terus mengajak masyarakat untuk menggunakan masker, terutama ketika berada di luar rumah. Sebab, penggunaan masker sangat penting dan mendukung penuh dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan.

“Saya mengajak seluruh warga Kota Medan untuk menggunakan masker, terutama ketika beraktifitas di luar rumah. Jadi masyarakat harus menggunakan masker di mana pun berada,” kata Akhyar.

Pentingnya penggunaan masker ini, jelas Akhyar, mendorong Pemko Medan melaksanakan Gerakan Maskerisasi dengan menyediakan 1 juta masker untuk dibagikan kepada masyarakat secara bertahap. Sejak dilaksanakan pekan lalu, Gerakan Maskerisasi mulai efektif di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, tingkat kepatuhan masyarakat menggunakan masker saat ini semakin tinggi walaupun masih ada juga masyarakat yang menganggap penggunaan masker masalah sepele. Hal ini lah yang harus terus kita ingatkan kepada masyarakat sehingga semua mengenakan masker di manapun berada,” ungkapnya.

Di dampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Akhyar selanjutnya menjelaskan, tujuannya meninjau Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, guna melihat perkembangan terkait penanganan Covid-19 di Kota Medan. Kemudian melakukan evaluasi tentang apa yang sudah dilakukan, termasuk hasilnya serta langkah-langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

“Peninjauan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap saat kita lakukan untuk memantau perkembangan penanganan Covid-19 di Kota Medan. Dari hasil peninjauan yang dilakukan, program kita berjalan dengan baik dan efektif. Hasilnya menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan walaupun wabah Covid-19 belum hilang dari Kota Medan,” pungkasnya.