Headline Kesehatan Medan

Pemko Medan Sosialisasi Perwal Medan Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru

Mediasumutku.com | Medan — Dalam rangka upaya mengatasi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kota Medan. Maka Pemerintah Kota Medan telah menggelar sosialisasi Peraturan Walikota (Perwal) Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekretariat Pimpinan Wilayah Al-Washliyah Sumatera Utara.

Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menyambangi Sekretariat Pimpinan Wilayah Al-Washliyah Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (2/7/2020).

Menurut Akhyar, Pemko Medan ingin terus menyerap masukan dari berbagai pihak guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Medan.

Akhyar meminta organisasi Al Washliyah Sumut untuk bersama-sama sosialisasikan Peraturan Walikota (Perwal) Medan tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru.

Akhyar menjelaskan bahwa jumlah warga yang positif terinfeksi Covid-19 hingga saat ini terus meningkat. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan hingga hari Rabu (1/7), warga yang terpapar Virus Corona mencapai 1.033 orang.

Dikatakan Akhyar, saat telah terjadi pergeseran dan perluasan epicentrum penyebaran Covid-19. Awalnya epicentrum penyebaran berada di Kecamatan Medan Tuntungan dan Kecamatan Medan Selayang, sekarang telah bergeser ke Kecamatan Medan Area, Kecamatan Medan Denai, dan Kecamatan Medan amplas.

“Ini wabah yang menyentuh semua orang. Awalnya yang memiliki potensi penularan berada pada ekonomi ke atas yang memiliki riwayat pelaku perjalanan ke luar negeri tetapi saat ini semua orang dapat terkena, tidak memandang siapa dia.

Akibat dari mewabahnya virus ini adalah terganggunya sisi kehidupan kita semua seperti sosial, budaya, ibadah dan ekonomi.

Akhyar juga menyerahkan salinan Perwal tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru kepada Ketua Pimpinan Wilayah Al-Washliyah Sumatera Utara Dr H Dedi Iskandar Batubara MSP.

Akhyar berharap melalui penggunaan masker merupakan salah satu langkah yang efektif untuk terhindar dari penularan Virus Corona melalui percikan air liur atau droplet.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Al-Washliyah Sumatera Utara Dr H. Dedi Iskandar Batubara mengatakan sebagai warga Kota Medan wajib patuh terhadap peraturan yang telah di tetapkan pemimpin atau “umarah”, mulai dari menjalankan protokol kesehatan gunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Kami merasa senang dan bahagia atas kehadiran Bapak Plt Walikota Medan. Kami siap menjalankan imbauan yang telah ditetapkan, karena imbauan itu baik maka selayaknya warga Al Washliyah pasti mendukung dan mengikuti imbauan tersebut” pungkas Dedi.