Berita Sumut Ekonomi Sumut

Pemko Padangsidimpuan Gelar Rapat Bersama TPID

PADANGSIDIMPUAN-Pemerintah Kota Padangsidimpuan menggelar rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Selasa (14/2/2023).

Rapat yang digelar di Aula Kantor Walikota Padang Sidempuan ini, dihadiri unsur Forkopimda, OPD terkait serta sejumlah lembaga.

Kepala BPS Kota Padang Sidempuan Hapsyah Aprilia pada Rapat TPID ini memaparkan bahwa Inflasi Kota Padang Sidempuan per Januari 2023 memasuki 1,16% relatif lebih tinggi di bandingkan inflasi bulan desember Tahun 2022.

Ada lima Komuditas dengan penyumbang angka Inflasi dan penyumbang angka Deflasi MTM (Methods-time measurement) terbesar di Kota Padang Sidempuan di Januari tahun 2023 yaitu, antara lain ; Beras 0,1680 %,Tomat 0,0786 %, Bahan Bakar RT 0,0665 %, Bawang Merah 0,0644 %, Rimbang/Takokak 0,0607 %.

Sedangkan penyumbang angka Deflasi yaitu Bensin -0,0315 %, Ikan Asin Teri -0,0211 %, Ayam Hidup -0,012 %, Kelapa -0,0085 %, Ikan Teter -0,0048 %. ungkapnya

YoY (Inflasi tahun ke tahun) Kota Padang Sidempuan Januari 2023 terhadap Januari 2022 mencapai angka 6,68 %, tambahnya.

Wako Irsan Efendi Nasution, SH,MM menjelaskan, rapat ini digelar untuk tindaklanjut rapat koordinasi (Rakor) dengan Mendagri bersama lintas kementerian dan lembaga.

Irsan mengatakan, untuk pengendalian inflasi tersebut, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan berbagai program.

“Pemko Padang Sidempuan akan melakukan operasi pasar stabilisasi pasokan dan harga pangan khusus komoditi beras, minyak goreng, Bawang Merah dan gula putih yang digelar secapatnya,” terangnya.

Lanjutnya, operasi pasar ini lanjut Irsan, masih akan terus dilakukan dan nantinya akan disebar dibebrapa lokasi di Kota padang Sidempuan. “Selain itu, kami juga intens melakukan sidak untuk memantau harga komoditi bahan pangan di pasaran”.

Beliau juga menyampaikan secepatnya di minggu ini juga akan melaksanakan Gerakan Menanam di kota Padang Sidempuaan dalam pengendalian Inflasi Pangan di Kota Padang Sidempuan.

Sebelumnya Perwakilan dari Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa dari hasil pantauan harga melalui www.hargapangan.id (PIHPS) s/d 13 Februari 2023 dengan sampel di Pasar Batu dan Pasar Sangkumpal Bonang menujukkan bahwa terdapat indikasi kenaikan harga untuk komuditas Beras,Cabai Merah, Minyak Goreng dan Gula Pasir.

“Beras menunjukkan harga yang cukup stabil dalam beberapa minggu terakhir, namun lebih tinggi dibanding tahun lalu”, ucapnya. (MS12)