Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
EkonomiSumut

Penjualan Toyota Semester I Tahun 2019 Masih Melambat

×

Penjualan Toyota Semester I Tahun 2019 Masih Melambat

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku – Akibat faktor domestik dan mancanegara, tingkat penjualan Toyota di wilayah Sumatera Utara selama enam bulan pertama di tahun 2019 pertumbuhannya mengalami perlambatan. Hal ini menyebabkan pihak dealer sulit mengejar target meski hanya di patok 4 persen.

Branch Manager Auto2000 Sisingamangaraja Medan menjelaskan tingkat penjualan pada selama enam bulan terakhir tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2018.

“Penjualan kami masih seperti tahun lalu, tidak tumbuh,” sebut Branch Manager Auto2000 Sisingamangaraja Medan, Sutadi saat dikonfirmasi, Minggu (4/8/2019) siang di Medan.

Pada 2018 lalu Auto2000 Sisingamangaraja Medan ditargetkan dapat meningkatkan penjualan hingga empat persen, dan proyeksi yang sama juga dilakukan Toyota pada tahun ini walaupun Auto2000 Sisingamangaraja Medan membuka cabang masing-masing di Tanjung Morawa, Kisaran dan Rantau Prapat.

Baca Juga:   Pemprov Sumut Minta Harga BBM Non-Subsidi Tidak Naik

Selain karena faktor politik dalama negeri sepanjang tahun 2018 hingga 2019, faktor anjloknya harga sawit sepanjang tahun ini di Sumatera Utara yang mendapat embargo dari Eropa juga ikut mempengaruhi, sehingga calon pembeli ragu-ragu dan menahan diri untuk membeli mobil.

Masuknya kompetitor baru pabrikan Tiongkok ke pasar Indonesia juga menjadi salah satu penyebab, akibatnya, market share ikut terbagi.

Meskipun penjualan Toyota banyak diminati untuk dijadikan taksi online turut mendongkrak penjualan. Namun pertumbuhan penjualan Toyota hanya di meningkat drastis pada awal keberadaan taksi online sepanjang tahun 2016 dan 2017 di Sumut, terutama di Kota Medan.

Namun demikian, Branch Manager Auto2000 Sisingamangaraja Medan, Sutadi mengungkapka calon pembeli Toyota kini tidak lagi kuatir dengan after sale, karena konsumen dari luar Kota Medan saat ini dapat menjangkau bengkel yang telah di buka pada ketiga cabang.

Baca Juga:   Kenapa APBN Selalu Defisit dan Ditambal dengan Utang?

“Selama ini butuh waktu 6-10 jam bagi mereka untuk bisa menjangkau Auto2000 di Medan,” ungkapnya.

Meski mengabaikan harga sawit yang masih rendah, namun karena situasi politik tanah air telah stabil, pada semester II 2019 ini, Branch Manager Auto2000 Sisingamangaraja Medan berencana mengadakan program spesial guna meningkatkan penjualan Toyota. Diantaranya penawaran Down Payment murah serta berbagai hadiah hiburan lainnya.(MS2/MS2)