Headline Hukrim Sumut

Perampok Truk Terpaksa Dilumpuhkan dengan Timah Panas

Mediasumutku.com | Asahan : Satreskrim Polres Asahan berhasil melumpuhkan dan menangkap tersangka pelaku perampokan dengan dua tembakan di kaki. Pelaku bernama AS alias Tua (33). Ia bersama rekannya beberapa waktu lalu merampok supir truk di Jalan Lintas Sumatera, persisnya di desa Aek Ledong Kabupaten Asahan.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto melalui Kasat Reskrim AKP Adrian Rizki Lubis SIK dalam keterangan persnya membenarkan penangkapan tersangka. AS ditangkap saat sedang berada di rumahnya, di Kelurahan Bandar Lama Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara.

“Sayangnya saat akan ditangkap tersangka melakukan perlawanan hingga akhirnya terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur,” kata Kasat Reskrim kepada wartawan, Senin (13/4/2020).

Adapun aksi kejahatan tersangka dilakukan pada tanggal 11 April lalu. Saat itu dia bersama rekannya yang sedang diburu Polisi menghentikan laju truck yang sedang melintas dari arah Kisaran menuju Rantau Prapat sekitar pukul 05.00 WIB.

Truk Mitsubishi Colt Diesel bernopol BG 8723 UD dikemudikan oleh Sunarto berhenti, bermuatan perabotan rumah tangga. Pelaku, kemudian menyerang korban hingga mengalami luka tikaman dan langsung kabur setelah mendapatkan uang hasil perampokan sebesar Rp 7,2 juta dan ponsel korban.

Dalam kondisi luka, korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek terdekat. Tak berselang lama, Polisi yang sudah mengetahui identitas pelaku langsung memburunya. Kanit Jahtanras Satreskrim Polres Asahan Ipda Mulyoto SH bersama anggotanya kemudian mencari tersangka dan melakukan penyergapan di rumahnya.

“Begitu dapat informasi, tim langsung bergerak cepat menuju rumah pelaku. Namun saat akan ditangkap, pelaku ini coba melawan petugas dengan mengacungkan senjata tajam. Sudah diberi tembakan peringatan ke udara, pelaku ini tidak juga menggubris. Menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap anggota tim, terpaksa dilakukan tembakan terukur di kedua betisnya,” jelas Kasat Reskrim mengakhiri.

Penulis : Perdana Ramadhan/MS9