Berita Sumut Sumut

Pererat Silaturahmi, UINSU Kunjungi Wakil Gubernur Musa Rajekshah

MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof Abu Rokhmad mengunjungi Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Kamis (22/12).

Kunjungan ini sebagai upaya mempererat silaturahmi antara UINSU dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ke depan. Turut hadir Wakil Rektor II Hasnah Nasution, Wakil Rektor III Nisful Khairi, Kepala Biro Keuangan Dur Brutu dan Kahirunnas, Guru Besar Prof Nur Hayati, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Ardiansyah.

Dalam kesempatan itu, Abu Rokhmad mengucapkan terima kasih kepada Wagub yang sebelumnya turut hadir dalam acara wisuda ke-79 UINSU dan hari ini menerima kunjungannya meski di tengah-tengah kesibukan. Menurutnya, hubungan baik antara UINSU dan Pemprov telah terjalin sejak lama dan diharap terus berlanjut.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemprov Sumut atas pembangunan Gedung Tahfizhul Quran – Wahdatul Ulum UINSU di Kampus Jalan Sutomo. “Gedung ini akan dibangun atas bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, tapi memang karena ada beberapa kendala pengerjaannya masih ditunda dan akan dilanjutkan di awal tahun 2023,” ujar Rokhmad.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Wagub yang juga Dewan Penyantun UINSU sekaligus Ketua Yayasan Haji Anif yang telah membangun masjid di Kampus IV UINSU Jalan Lapangan Golf Tuntungan yang diperkirakan bisa menampung lebih kurang 1.500 jemaah dan masih menjadi yang terbesar dari target 99 masjid yang akan dibangun.

“Masjid Al-Musannif ini akan kita manfaatkan dengan baik, Selain digunakan oleh seluruh civitas akademika UIN Sumatera Utara, Insya Allah masjid ini juga nanti bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Nur Hayati yang juga Kepala Perpustakaan UINSU menyampaikan rencananya ingin membuat Haji Anif Corner di Perpustakaan Kampus IV UINSU Tuntungan. “Maksud kami pembangunan Haji Anif Corner ini supaya mahasiswa saat masuk perpustakaan bisa melihat kemudian membaca dan termotivasi, karena beliaukan memiliki cerita luar biasa dalam kehidupannya, bagaimana survive dalam hidupnya. Di Haji Anif Corner ini, buku-buku almarhum nanti bisa kita pindahkan di situ sekaligus beberapa buku dan kisah beliau yang pernah dimuat oleh berbagai media, koran dan majalah-majalah,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah juga turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran Abu Rokhmad dan jajarannya. Ia berharap silaturahmi ini terus terjaga demi peningkatan kualitas pendidikan di Sumut dan kemajuan UINSU ke depan.

Terkait Masjid Al-Musannif di Kampus IV UINSU, Ijeck berusaha pihaknya bisa merampungkan pembangunannya sebelum Ramadan. “Insya Allah, sebelum bulan Ramadan, masjidnya kita resmikan agar bisa dimanfaatkan seluruh keluarga besar UINSU dan masyarakat sekitar dalam beribadah,” ujar Ijeck.

Ia juga mengapresiasi keinginan Kepala Perpustakaan UINSU membuat Haji Anif Corner. “Kami siap mendukung, nanti seperti apa yang bisa kami bantu tolong disampaikan. Semoga bermanfaat seperti yang diharapkan,” tambahnya.

Selain itu, Ijeck mewakili Pemprov Sumut juga mengaresiasi dan siap mendukung UINSU dalam pembangunan Tahfizhul Quran. Menurut Ijeck, dengan menghadirkan Ma’had dan Tahfizhul Quran ini UINSU telah menyiapkan generasi penerus yang handal secara ilmu juga secara agama. “Kita berharap mahasiswa atau lulusan UINSU dengan ilmunya selain bisa menjadi pemimpin juga bisa menjadi pendakwah ke daerah-daerah,” tutupnya.