Berita Sumut

Peringatan Harganas di Asahan Melalui KB Serentak Sejuta Akseptor

Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) menggelar pelayanan KB-serentak sejuta akseptor dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIX Tahun 2022.

Kepala Bidang Pelayanan Dinas P2KBP3B Kabupaten Asahan Zaiyadi, saat dikonfirmasi Rabu (15/6/2022) mengatakan kegiatan itu dilakukan serentak di seluruh Puskesmas dengan target 4.067 akseptor.

“Meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur menjadi tujuan pada program ini. Pengendalian angka kelahiran dalam satu keluarga akan berdampak kepada penurunan prevalensi stunting,” terangnya.

Zayadi juga mengatakan jenis akseptor yang diberikan berupa IUD sebanyak 30 buah, MOW 12 buah, implant 235 buah, suntik 1.198 buah, pil 2.374 buah dan kondom 218 buah.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menyebut program ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak serta mengendalikan pertambahan penduduk dengan mengendalikan jumlah kelahiran.

Dia mengatakan program KB penting dilakukan dengan secara terencana dan tepat. Olehkarena itu Taufik menyebut kekurangan gizi pada anak (stunting) terkait erat dengan jarak kehamilan dan kelahiran.

“Terlalu dekat jarak kelahiran, terlalu banyak, serta terlalu tua atau muda usia ibu melahirkan menjadi faktor tingginya angka kematian ibu dan bayi tentunya juga menjadi faktor terjadinya stunting,” kata Taufik. (MS10)