Sumut

Peringati Hari Juang Kartika TNI AD, Kodam I/BB Gelar Bakti Sosial

mediasumutku.com | MEDAN -Sambut Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2019 digelar secara serentak di seluruh jajaran Kotama TNI AD termasuk Kodam I/Bukit Barisan. Kegiatan ini menjadi refleksi akan kecintaan TNI AD kepada rakyat, Selasa (10/12/2019).

Dihadapan seribuan peserta bakti sosial dan bakti kesehatan, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, Ketua Walubi Sumut Indra Wahidin, Arman Chandra, Ketua Komite Tetap Pengembangan keanggotaan Kadin Sumut, Kajari Medan Dwistiyo, Pangdam I/ BB, Mayjen TNI MS Fadhilah menjelaskan, acara ini juga merupakan refleksi sinergitas TNI-Polri dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dijelaskan Mayjen Fadhilah, rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD dilaksanakan serentak di seluruh jajaran TNI AD mulai 1 Desember sampai dengan puncak peringatan pada 17 Desember 2019 yang akan datang.

Untuk diketahui, bahwa peringatan Hari Juang TNI AD dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yaitu pertempuran Ambarawa yang merupakan refleksi peran serta TNI AD kepada bangsa dan negara dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Ambarawa dulu.

“Melalui peringatan Hari Juang TNI AD, diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para Prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat,” beber Mayjen Fadhilah.

Mantan Kapuspen TNI ini mengatakan kegiatan sambut peringatan Hari Juang TNI AD juga dapat dijadikan sebagai momentum strategis untuk mengekspresikan diri tentang peran yang diberikan oleh negara dalam mewujudkan TNI AD yang profesional dan dicintai rakyat.

Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini merupakan sinergi Kodam I/Bukit Barisan dengan Polda Sumut. “Pada hari ini kita juga mengelar kegiatan donor darah, pengobatan massal, pelayanan KB, pemeriksaan katarak dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,” katanya.

Nilai dan semangat kebersamaan ini, lanjutnya, memiliki makna yang sangat berharga. “Oleh karenanya harus kita pelihara dan kita lestarikan, sebagaimana tema pada peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019, yakni ‘TNI AD Adalah Kita’ yang mengandung makna bahwa TNI AD akan selalu ada dan akan terus berjuang demi bangsa dan negara tercinta serta selalu hadir buat rakyat,”ujarnya.