Berita Sumut Headline Religi Sumut

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Bupati Sergai Ajak Umat Teladani Sifat Rasullulah

DOLOK MERAWAN – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri undangan Perwiritan Akbar Muslimat yang digelar di Dusun IV Bahjering, Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Minggu (9/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengajak seluruh umat muslim untuk meneladani sifat dan akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Ia berpesan, momen Maulid Nabi ini tidak hanya berakhir hanya sekadar seremoni tahunan. Bupati Sergai juga menyampaikan, Nabi Muhammad tidak hanya mempunyai kegigihan serta semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas dari Allah SWT, namun beliau juga mempunyai akhlak yang terpuji.

“Beliau adalah sosok manusia sempurna dan dicintai Allah. Dia juga berkehendak agar setiap mukmin menjalani kehidupan dengan meneladaninya. Insya Allah dengan hal itu, hidup kita menjadi lebih berkah dan diridai Allah SWT,” ujar Bupati yang dikenal dengan panggilan Bang Wiwik ini.

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai menyampaikan bahwa pihaknya sebagai kepala daerah, dirinya meneladani sikap Rasulullah dengan mendedikasikan diri secara maksimal dalam kerja pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Salah satu hasil dari kerja pembangunan ini, sebutnya, adalah pembangunan ruas jalan Dolok Merawan sampai ke SMP Negeri.

Atas pembangunan ini, Bang Wiwik berharap agar masyarakat dapat menjaga hasilnya dengan baik. Selain itu, jalan yang sudah mulus juga perlu disikapi warga dengan menggunakannya secara bijak, terutama dengan berhati-hati dan tidak ugal-ugalan saat berkendara, imbuhnya sembari meminta maaf karena terpaksa datang terlambat ke acara ini akibat terjadi kecelakaan lalu lintas yang dialami warga dan dirinya langsung sigap membawa korban kecelakaan ke RS Pabatu.

“Untuk itu saya imbau kepada warga agar berhati-hati di jalan. Namun kalau ada musibah di jalan, kita jangan ragu dan mesti sigap memberi pertolongan pertama. Ini juga bentuk menauladani sikap rasul dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Bang Wiwik.

Di acara perwiridan ini, Ustadz Agus Zul Khair Nasution yang mengisi tausiyah juga menyampaikan pentingnya meniru sifat Nabi Muhammad SAW. Ia menyebut, meskipun tidak akan ada manusia yang mampu menyamai sosok Rasullulah, akan tetapi umat Islam di mana pun penting untuk menunaikan sunnah yang telah diajarkan oleh nabi

“Mudah-mudahan dengan menjalankan perintah dan sunnah nabi, kita mendapat berkah baik bagi diri sendiri maupun bagi daerah tempat kita tinggal,” ucapnya.

Perwiridan akbar ini juga dihadiri oleh Camat Dolok Merawan Alfian Purba, SE, MM, dan Ketua PC Muslimat NU Sergai Ruslaini.

(MS8)