Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadline

Pj Gubernur Sumut Maraton Silaturahmi Forkopimda, Pengarahan OPD dan Rapat PB PON Sumut

×

Pj Gubernur Sumut Maraton Silaturahmi Forkopimda, Pengarahan OPD dan Rapat PB PON Sumut

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN – Memulai hari pertama kerja sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni melakukan maraton silahturahmi dengan mengunjungi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Tak hanya itu, dirinya juga memberi pengarahan kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga melakukan Rapat Persiapan Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 bersama Ketua Umum KONI Marciano Norman dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pertama, Fatoni memulai kunjungannya untuk bertemu dengan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan membahas pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kerja Pangdam I/BB, Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan, Sumut, Kamis (27/6).

Setelah itu, Fatoni juga bersilahturahmi dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Sutarto guna perkuat sinergitas. Kegiatan ini berlangsung di Kantor DPRD Provinsi Sumut, Medan, Sumut.

Fatoni mengatakan dalam pertemuan ini terdapat sejumlah isu yang menjadi pembahasan, yaitu terkait penyelenggaraan pemerintahan, penganggaran, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Terkait pelaksanaan PON, dirinya menyebut diperlukan perhatian khusus serta sinergitas dan kerja sama yang baik oleh seluruh pihak.

Baca Juga:   Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Bertemu Menpora Bahas Kesiapan PON XXI di Sumut

“Yang penting kita lakukan percepatan-percepatan, kita tidak bisa menunggu lagi, kita harus berlari kencang, kita harus satukan semua kekuatan, kita harus bersatupadu, tidak bisa sendiri sendiri, kalau mau maksimal kita harus bersama-sama,” ujar Fatoni.

Beranjak dari Kantor DPRD Sumut, Fatoni juga bersilahturahmi dengan Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi di Mapolda Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara. Dalam kesempatan ini, dia mengingatkan pentingnya kebersamaan, koordinasi, sinergi juga kolaborasi dengan stakeholder lainnya guna melakukan percepatan pembangunan di Sumatera Utara.

Setelah melakukan audiensi dengan sejumlah Forkopimda, Fatoni melanjutkan kegiatannya dengan memimpin rapat perdana bersama Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Dalam rapat ini dirinya menyampaikan sejumlah program prioritas yang perlu menjadi atensi seluruh OPD, mulai dari penanganan stunting hingga inflasi.

“Ada beberapa persoalan yang perlu jadi atensi kita. Tadi Bappelitbang sudah menyampaikan seperti persoalan, kesehatan dan inflasi. Segera lakukan koordinasi dengan instansi terkait, OPD, BUMN, BUMD untuk pencanangan penanganan inflasi serentak se-Sumut secara virtual dengan Bupati dan Walikota, sekaligus penyelenggaraan pasar murah,” kata Fatoni.

Baca Juga:   Pemprov Sumut Dukung Upaya Penertiban Galian C di Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Langkat

Selanjutnya, terkait pencegahan prevalensi stunting Fatoni meminta seluruh pihak untuk berkoordinasi, menginventarisir jumlah penderita dengan by name by address. Fatoni juga meminta untuk penanganan stunting dilakukan hingga ke desa-desa dengan menerapkan Pola Bapak Asuh.

“Misal ada empat anak stunting, bisa diangkat oleh kepala desa sebagai bapak asuh untuk seorang anak atau BUMD juga bisa melakukan program tersebut. Di Provinsi Sumsel, Bank Sumsel mengangkat anak asuh dalam upaya pencegahan prevalensi stunting. Saya harap di Sumut juga bisa,” ujar Fatoni.

Sementara itu, terkait persoalan kemiskinan Fatoni menilai perlu dicarikan solusi yang langsung berdampak pada masyarakat. Salah satunya bisa melalu Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dengan program pembangunan/renovasi rumah tidak layak huni begitu juga program pembangunan sanitasi.

“Saya ingatkan juga kepada seluruh OPD untuk PON 2024, marilah kita sama-sama bekerja keras. Bentuklah panitia PON di setiap OPD. PON ini menyangkut nama baik, reputasi kita. Kalau ini berhasil nama baik Sumut akan lebih baik lagi,” ucap Fatoni.

Baca Juga:   Nawal Lubis Silaturahmi ke TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran

Menutup kegiatannya hari ini, Fatoni memimpin Rapat Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 bersama Ketua Umum KONI Marciano Norman dan Kemenpora. Fatoni menyebut terdapat beberapa upaya percepatan persiapan PON XXI Tahun 2024, di antaranya langkah strategis yang detail, perkuat komunikasi, lebih terbuka dan masifkan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu, dia juga meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memfokuskan anggaran untuk PON XXI Tahun 2024.

“Fokuskan anggaran ke PON 2024, mana yang tidak urgent bisa direfokusing ke PON, karena ini menyangkut nama baik Sumut, nama baik Indonesia,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Dito Ariotedjo melalui virtual meminta seluruh sektor untuk perkuat koordinasi satu sama lain. Menurutnya, dibutuhkan kerja sama antara Provinsi Sumatera Utara dan Aceh guna menyukseskan penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024.

“Perkuat koordinasi, bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang dihadapai agar PON ini berjalan dengan baik, baik secara prestasi dan juga administrasi,” kata Menpora. (Winda)