Ekonomi

PKK Kabupaten Mandailing Natal Pelajari Prestasi Nasional yang Diraih Asahan

Asahan – Berhasil menyabet sejumlah prestasi Nasional seja beberapa tahun terakhir membuat tim penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mandailing Natal melakuk kunjungan studi tiru ke Kabupaten Asahan.

Kunjungan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal ini dipimpin langsung oleh Ketua Ny. Eli Mahrani M. Jafar Sukhairi Nasution didampingi Asisten II Kabupaten Mandailing Natal Erman Gafar Nasution di rumah dinas Bupati, Kamis (13/10/2022).

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, yang menerima kedatangan rombongan ini menyambut baik kunjungan kerja tersebut dia juga menjelaskan prestasi sampai ketingkat nasional berkat kerjasama antara organisasi perangkat daerah hingga pengurus PKK.

“Setiap program kerja yang dijalankan oleh TP PKK Kabupaten Asahan, seluruh OPD mendukung dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Saat TP PKK Kabupaten Asahan sedang mengikuti 5 lomba di Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara dan 4 Lomba KB Kes tingkat Provinsi Sumatera Utara, dimana semua OPD terkait ikut membantu.

“TP PKK Kabupaten Asahan setiap bulannya mengadakan Rakornis yang dihadiri oleh OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan seluruh Kader TP PKK baik Kecamatan maupun Desa/Kelurahan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama kepengurusan, OPD selaku pembina menciptakan gerakan nasional keluarga pelopor perubahan, melalui bimbingan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, dan penguatan ketahanan keluarga kesehatan keluarga dan lingkungan,” terangnya.

Sementara itu, asisten II Kabupaten Mandailing Natal Erman Gafar Nasution mengucapkan kepada Pemerintah dan TP PKK Kabupaten Asahan yang telah menyambut kunjungan mereka.

Erman mengatakan, pihaknya memilih Asahan sebagai tujuan study tiru disebabkan karena dari semua Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Asahan yang aktif dan selalu meraih prestasi baik ditingkat TP PKK Provinsi Sumatera Utara maupun tingkat Nasional.

“Maka dari itu kami harus mempelajari dan melihat secara langsung bagaimana TP PKK Kabupaten Asahan dapat melakukan hal tersebut. Ternyata TP PKK dan OPD selalu bersinergi dalam melaksanakan setiap program TP PKK”, ujar Erman.

Menurut Erman, cara ini dapat diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, tetapi harus dipelajari lebih lanjut, agar tidak menyalahi aturan yang berlaku. Dalam kesempatan itu mereka juga diajak meliha kondisi pembibitan pisang barangan di Asahan. (MS10)