Berita Sumut Ekonomi Headline Medan Sumut

PKM Politeknik Negeri Medan Berdayakan Ekonomi Masyarakat Lewat Pembentukan Kelompok Sadar Wisata

MEDAN – Pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya menghidupkan kembali industri pariwisata di Indonesia, terutama setelah pandemi Covid-19 mereda dan sudah diperbolehkan untuk melakukan kegiatan secara tatap muka.

Pariwisata diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional yang mengalami penurunan selama pandemi berlangsung pada tahun 2020-2021 yang lalu.

Menyikapi hal ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Medan yang diketuai oleh Indra Siregar dengan anggota Benny Benyamin Nasution, Rismawati dan Rahmat Widia Sembiring mengadakan kegiatan PKM untuk tahun 2022 dengan judul Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) bagi Karang Taruna Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan Kotamadya Medan.

Menurut Indra Siregar, Kelurahan Bagan Deli dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan PKM, karena memperhatikan program Pemerintah Kota Medan yang fokus ke Medan Utara dengan program akan menjadikan Medan Utara sebagai Waterfront City. Juga berkembang wacana akan mengundang investor taman bermain keluarga kelas dunia untuk berinvestasi di Medan Utara. Tentunya ini menjadikan pariwisata akan berkembang pesat khususnya di Kawasan Medan Utara.

Kegiatan PKM, kata Indra Siregar berlangsung pada tanggal 23 November 2022 yang dilakukan di Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan yang dihadiri para anggota Karang Taruna Kelurahan Bagan Deli.

“Peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan peserta mengenai peluang pengembangan pariwisata di Kelurahan Bagan Deli. Tim memberikan bimbingan bagaimana POKDARWIS dibentuk agar dapat menjadi inisiator pengembangan pariwisata di Kelurahan Bagan Deli, ” kata Indra Siregar.

Di akhir acara, para peserta meminta tim penelitian agar dapat menjadi pembimbing bagi POKDARWIS yang akan dibentuk dan disanggupi oleh anggota tim. Diharapkan kegiatan PKM yang dilakukan ini dapat benar-benar menghidupkan semangat untuk menghidupkan pariwisata khususnya di Kelurahan Bagan Deli.