Berita Sumut Headline

Polwan dan Bhayangkari Sergai Meriahkan Parade Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO di Medan

SERGAI– Ribuan kaum perempuan dari berbagai komunitas dan instansi pemerintah dari seluruh penjuru wilayah Sumatera Utara mengenakan pakaian kebaya saat mengikuti parade Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO , di Medan , Minggu (28/8/2022).

Tak ketinggalan , Polisi Wanita (Polwan) dan Bhayangkari Cabang Sergai juga turut memeriahkan gelaran akbar yang berpusat di Lapangan Benteng Medan tersebut dengan penampilan kebaya terbaiknya.

Polwan dan Bhayangkari Cabang Sergai membaur bersama kaum perempuan dari unsur Forkopimda Sergai , di antaranya, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, mahasiswi Kab. Serdang Bedagai.

Kapolres Sergai , AKBP Dr. Ali Machfud menjelaskan , Parade Berkebaya Nusantara Goes to UNESCO itu merupakan momentum untuk memperkenalkan salah satu budaya tradisional Indonesia berupa kebaya di kancah Internasional.

“Saat ini, tengah dilakukan proses pengajuan ke UNESCO , bahwa kebaya merupakan budaya asli dari Indonesia. Kita harus bangga dengan kebaya , karena kebaya adalah Indonesia ,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (29/8/2022).

Dijelaskan , dalam kesempatan ini , Polri menjadi salah satu penggagas untuk memperkenalkan pakaian kebaya ke internal sehingga anggota Polri dan keluarganya ikut menjadi penggerak untuk mengenalkan Budaya Indonesia.

“Diharapkan , dengan mencintai budaya Indonesia yakni berkebaya , maka bisa menghindari upaya pihak lain dari luar negeri untuk mencoba – coba mengklaim pakaian kebaya,” ujarnya.(MS8)