Medan

Pramuka Diharapkan Jadi Garda Terdepan Jaga Alam

MEDAN-Walikota Medan Bobby Nasution selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan melepas 202 orang Kontingen Pramuka Kota Medan yang akan mengikuti Jambore Daerah Sumatera Utara (Jamdasu) Tahun 2022 di Taman Cadika Jalan Karya Wisata Medan, Kamis (14/7/2022).

Seluruh kontingen yang dilepas akan mengikuti Jamdasu selama lima hari mulai 15-20 Juli  di Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang.

Sebelum melepas, Bobby Nasution dalam arahannya menyampaikan, Jamdasu 2022  digelar untuk menggairahkan kembali gerakan  pramuka di Sumut. Diingatkannya, Jamdasu bukanlah kegiatan sederhana yang bersifat hura-hura karena  banyak pemimpin bangsa yang telah lahir melalui kegiatan tersebut.

Bobby menyebutkan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pj Sekda Provinsi Sumut Afifi Lubis merupakan peserta jambore pada tahun 1977. Artinya, kata Bobby, keduanya juga pernah menjadi peserta dalam kegiatan yang  sama  seperti yang akan diselenggarakan mulai besok tersebut.

“Jadi Jamdasu ini merupakan kegiatan yang digelar sebagai salah satu cara menempa karakter diri adik-adik pramuka sehingga mampu menjadi pribadi yang tangguh  dan bisa diandalkan sebagai calon pemimpin masa depan,” kata Bobby Nasution.

Dia berpesan, anggota pramuka harus bisa bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan dan suasana alam. Artinya, jelasnya, mereka harus menjadi garda terdepan dalam menjaga alam sekitar.

 

“Jadikanlah tempat pijakan pramuka menjadi pijakan yang hijau dan tempat berdiri pramuka menjadi tempat yang teduh. Pramuka harus menjadi contoh dalam menjaga alam,” pesannya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan HM Husni dalam laporannya menjelaskan,  selain 202 orang kontingen, juga ditambah 3 orang pembina pendamping dan 6 orang pembina pembantu. Di Jamdasu, kata Husni, kontingen pramuka Kota Medan telah menyiapkan satu posko.

“Dalam mengikuti Jamdasu 2022, kita mengangkat tema  “Pramuka Tangguh Kolaborasi Mewujudkan Medan Sebagai Kota Berkah”.  Mudah-mudahan ini seperti harapan Bapak Wali Kota Medan yang menginginkan pramuka meletakkan identitas yaitu membumikan penghijauan di Kota Medan. Nantinya juga Bapak Wali Kota akan memberikan tempat yang strategis bagi Pramuka Kota Medan,” ungkap Husni. (MS7)