Presiden Jokowi Hadiri KTT Luar Biasa G20 Virtual di Istana Bogor

Mediasumutku.com | Bogor – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengikuti Konfrensi Tingkat Tinggi atau KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3/2020). KTT tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 sebagai Pandemi Global.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, KTT yang diikuti Jokowi ini digagas Arab Saudi selaku Ketua G20 tahun ini. KTT G20 diawali dengan sambutan pembukaan dari Raja Salman bin Abdulaziz AL Saud pada pukul 15.00 waktu Arab Saudi atau pukul 19.00 WIB.

Sebanyak 20 negara anggota G20, 7 negara undangan, 9 organisasi internasional, dan 2 organisasi regional mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi berdiskusi secara virtual dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional terkait, yakni PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF.

“Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemi Covid -19, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain,” dikutip dari rilis tersebut soal Jokowi dan KTT Luar Biasa G20 itu.

Sementara itu, masih suasana berkabung, Presiden Jokowi baru saja memakamkan Ibundanya Sujiatmi Notomiharjo, di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis siang. Sujiatmi meninggal pada pukul 16.45 WIB Rabu 25 Maret 2020 di RS Slamet Riyadi, Solo karena kanker.

Pemakaman dilakukan tertutup. Hanya keluarga dekat yang dapat mendekat ke makam ibu Jokowi.

“Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini,” ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

Menurut Jokowi, pihaknya telah mencoba berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Jokowi pun berterima kasih kepada masyarakat atas ucapan belasungkawa dan doa untuk sang ibu, Sujiatmi Notomiharjo. Jokowi meminta agar masyarakat mendoakan ibunda dari rumah masing-masing.

Dihari yang sama, Kamis sore, Jokowi langsung menuju Jakarta dan telah berada di Istana Bogor untuk mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual. Saat KTT itu, Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. (*/l6/ms8)

MS8

Tinggalkan Balasan

Next Post

Resmi, ASN Sergai Terapkan Kebijakan "Bekerja Dari Rumah"

Kam Mar 26 , 2020
Mediasumutku.com| Sergai-Merespons Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) No. 19 Tahun 2020, tanggal 16 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengambil kebijakan “bekerja dari rumah” (work from home) bagi ASN di lingkungan Pemkab Sergai. Keputusan ini dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Sergai No. […]

Breaking News