Ekonomi

PTPN2 Akan Tingkatkan Produksi Gula Secara Nasional

mediasumutku.com | DELISERDANG – PT Perkebunan Nusantara 2 menunjukkan komitmennya menjalankan program Presiden Joko Widodo, yakni peningkatan swasembada produksi gula nasional. Sebab lahan yang saat ini digarap oleh penggarap secara melawan hukum, akan diambil alih oleh perusahaan plat merah tersebut.
Perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara tersebut, terus mengebut melakukan pembersihan pada seluruh lahan yang masih berada di bawah Kebun Sei Semayang. Sehingga nantinya diharapkan PTPN2 akan mampu untuk meningkatkan produksi gula secara nasional khususnya dari Provinsi Sumatera Utara.
“Tujuan pengambilalihan lahan di Kebun Sei Semayang untuk memenuhi target swasembada gula nasional, secara khusus dari Sumatera Utara yang diprogramkan pemerintah,” ujar Koordinator Humas PTPN2, Sutan Panjaitan di dampingi Kepala Bagian Sekretariat perusahaan Irwan, Kepala Bagian Aset Imam Subekti, Menejer Kebun Sei Semayang Bram Sitompul, Kepala Penggendalian Penggamanan Idris dan Asisten SDM/Umum Indra Gunawan, Rabu (27/11/2019) di Sunggal.
Sutan menjelaskan, PTPN2 saat ini tengah berupaya bangkit membangun korporasi perusahaan dari keterpurukan. Karenanya, dibutuhkan tenaga ekstra untuk bangkit.
Menurut dia, PTPN2 sudah bersosialisasi terkait pengambilalihan lahan tersebut. Kepada masyarakat, dia meminta untuk kooperatif saja. “Saat ini lahan negara bersertifikat HGU PTPN2 dikuasai oleh orang yang tidak berkepentingan demi meraup keuntungan pribadi. Karena itu, pengambilalihan lahan ini wajib dilakukan,” ujar dia seraya berharap dukungan kepada semua lapisan masyarakat dan media.
Dengan adanya pembersihan lahan ini, kata dia, tidak hanya menguntungkan perusahaan saja. Masyarakat sekitar pun menurit dia juga diuntungkan. Seperti PTPN2 akan dapat membuka lapangan kerja, ketika lahan milik negara tersebut dikelola.
“Adanya pembersihan ini tentu akan membuka lapangan kerja. Contohnya PTPN2 yang membuka penerimaan sekuriti dan tenaga kerja lokal lainnya,” beber Sutan.
Dia menambahkan, petugas kebun dibantu prajurit TNI akan membantu PTPN2 dalam melakukan pengambilalihan lahan. Hal itu menuritnya dilakukan agar pelaksanaan berjalan kondusif, lancar dan aman.
“Semua lahan Kebun Sei Semayang yang digarap akan diambil alih. PTPN2 harus mencapai target swasembada gula,” tegas Sutan.
Pemberian tali asih terang Sutan Panjaitan, PTPN2 sudah tawarkan kepada yang menggarap. Bahkan juga sudah disosialisasi secara persuasif. Hal ini dilakukan tidak hanya di Kebun Sei Semayang, seluruh lahan PTPN2 akan dilakukan pembersihan yang memang sudah ditanami tebu.(MS8)