Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineKesehatanNasional

Puan Maharani : Indonesia Butuh Gotong Royong Skala Besar Hadapi Covid-19

×

Puan Maharani : Indonesia Butuh Gotong Royong Skala Besar Hadapi Covid-19

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Jakarta : Ketua DPR RI Puan Maharani menuturkan dalam melawan pandemi virus corona atau Covid-19, alangkah baiknya tidak hanya berfokus kepada Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Kuncinya adalah semangat gotong royong bersekala besar.

“Untuk melawan Covid-19, kita jangan hanya terpaku pada istilah Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tetapi yang Indonesia juga butuhkan saat ini adalah Gotong Royong Berskala Besar,” kata Puan Maharani dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

Puan mengambil contoh pidato dari Presiden RI Soekarno yang menjelaskan bahwa intisari dari Pancasila adalah gotong royong.

Maka dari itu di momen Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, diharapkan pemerintah pusat hingga, daerah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa bisa saling bekerjasama gotoong royong dalan menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga:   Kejari Serdang Bedagai Apresiasi Sistem Kinerja Kades se-Sergai Sesuai APBDes

“Penanggulangan Pandemi Covid-19 membutuhkan kerja bersama gotong royong dari semua komponen bangsa, baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Swasta dan masyarakat,” tutur Puan.

Ia memberikan contoh bahwa semangat gotong royong telah hadir dan terpancar di tengah rakyat Indonesia saat situasi Covid-19.

Seperti halnya yang terjadi di Cimahi, Jawa Barat, ada satu daerah yang antar tetangganya rukun membantu menyediakan makanan untuk salah satu warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif terjangkit corona.

“Lalu ada di Desa Jambanan, Sragen saya melihat beritanya ketika salah satu warga desa pulang ke rumah setelah dinyatakan sembuh dari Virus Corona para warga desa menyambutnya dengan meriah sudah seperti acara syukuran,” kata Puan.

Baca Juga:   Pasca Refocusing, Anggaran Tahun 2024 Kebutuhan Bibit Sesuai Permintaan Petani Tidak Seluruhnya Terpenuhi

“Di daerah pemilihan saya yang meliputi Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo juga banyak terjadi antar warga saling membantu bersama-sama menghadapi dampak sosial ekonomi dari Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Karena itu, dia menekankan bahwa untuk melawan Covid-19, Indonesia sangat membutuhkan semangat gotong royong bersekala besar. “Saya tekankan kembali, Indonesia saat ini butuh Gotong Royong Berskala Besar,” tandasnya.