Berita Sumut

Puluhan Petani di Desa Rawang Dapatkan Pengetahuan dan Sosialisasi Terkait BPJS Ketenagakerjaan

Asahan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kisaran menyampaikan sosialisasi perlindungan jaminan ketenagakerjaan kepada petani di Desa Rawang Pasar VI Kecamatan Rawang Panca Arga, Rabu (10/8/2022).

Dalam kesempatan itu, sebanyak 50 orang peserta hadir mengikuti kegiatan. Tujuan kegiatan ini diharapkan agar para petani mendapatkan pengetahuan tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja ataupun petani semakin mengenal lebih dekat akan arti penting jaminan sosial dalam memberi perlindungan.

“Program BPJS ketenagakerjaan dapat memberikan perlindungan bagi petani dalam pekerjaannya rentan mendapat kecelakaan kerja, tujuannya untuk melindungi mereka guna mengurangi risiko”, kata Meralih Sukma, Asisten Deputi Wilayah Sumbagut Bidang TI selaku Pps. Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan cabang kisaran, Rabu (10/08/2022)

Dia mengatakan para peserta sosialisasi nantinya akan terlindungi oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp 16.800.

“Kami hadir disini untuk mengedukasi bahwa program BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya untuk tenaga kerja yang mendapatkan upah dari perusahaan setiap bulannya saja, tetapi juga bisa tenaga kerja non penerima upah seperti petani. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan sosial asalkan proses dan syaratnya terpenuhi seperti membayar iuran setiap bulannya,” terangnya.

Ia juga berharap semua petani di Kabupaten Asahan bisa menjadi masyarakat yang sadar jaminan sosial sehingga masyarakatnya dalam bekerja tidak perlu khawatir akan risiko sebab sudah ada yang menanggungnya terutama pekerjaan yang rentan kecelakaan seperti buruh dan petani. (MS10)