Sumut

PWI Sergai Gelar Diskusi Publik dan Bakti Sosial Sambut HPN 2020

Mediasumutku.com| SERGAI- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Serdang Bedagai menggelar diskusi publik dan bakti sosial berupa pembagian bingkisan sembako.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut Hari Pers Nasional (HPN) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang akan digelar pada 9 Februari 2010 mendatang. Kegiatan yang lain juga akan dilaksanakan guna suksesnya acara tingkat nasional tersebut,” bilang Ketua PWI Sergai Anwar Effendi Siregar dalam sambutannya, Jumat (29/11/2019) pagi di Aula Kantor Camat Teluk Mengkudu.

Selain itu, sambungnya, acara ini juga menegaskan tentang sosok siapa yang disebut sebagai wartawan dan bagaimana dalam menjalankan tugasnya sesuai Undang-undang, Kode Etik, dan peraturan lainnya.

Acara yang dihadiri, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Rizal Rudi Surya yang juga sebagai narasumber dalam diskusi yang mengambil tema “Wartawan sebagai mitra kerja profesional mewujudkan visi misi Kabupaten Serdang Bedagai”.

Dalam diskusi itu, Rizal memaparkan tugas dan profesi wartawan sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, Kode Etik dan Peraturan Penulisan Ramah Anak (PPRA).

Peserta diskusi yang berasal dari Sekcam, Nasum, kalangan kepala desa, perangkat desa, Korwil Dinas Pendidikan, Syawaludin, para guru SD, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sergai, Aiptu Hendra S, dan masyarakat.

Respon dari peserta cukup positif dan berharap wartawan dalam pemberitaannya berimbang dan bertanggung jawab atau tidak hoax dan dapat menciptakan suasana yang kondusif atau menjadi pencerah.

Dalam kesempatan itu, PWI Sergai memberikan bingkisan sembako kepada kaum tak mampu, dan diakhiri pemberian sertifikat kepada peserta.