Headline Nasional Sumut

Rakor HPN 2023 SMSI di Sumut, Ketum Firdaus: Sukseskan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba

JAKARTA – Rapat koordinasi persiapan mematangkan rencana kegiatan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Provinsi Sumatera Utara, digelar di Kantor Operasional Pengurus SMSI Pusat, Jalan Veteran Jakarta, Senin (26/9/2022).

Ketua Umum Pengurus SMSI Pusat Firdaus, didampingi Sekretaris Jenderal, HM Nasir, dan Bendahara Tundra, memimpin Rakor tersebut dengan Pengurus SMSI Provinsi Sumut dan Panitia Rangkaian HPN 2023 SMSI di Sumut.

Hadir Ketua Pengurus SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, Wakil Ketua Agus Lubis, dan Penasehat Rony Purba, Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, Sekretaris Benny Pasaribu dan Wakil Sekretaris Irwan Manalu dan Ketua Pengurus SMSI Medan, Bobby Zulkarnain.

Ketum Firdaus menegaskan SMSI turut ambil bagian dalam rangka menyemarakkan HPN 2023 di Sumut dengan menggelar rangkaian kegiatan yang direncanakan berlangsung mulai 4-7 Februari.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut adalah Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) pada 4-6 Februari 2023. Selain itu, juga digelar malam silaturahmi SMSI di Kota Medan pada Selasa 7 Februari 2023. Kegiatan itu akan diikuti ratusan peserta dari Pengurus SMSI Pusat dan Pengurus SMSI di 34 Provinsi di Indonesia.

Selain menyemarakkan HPN 2023, rangkaian kegiatan yang akan digelar SMSI di Sumut ini, ujar Firdaus lebih lanjut, juga merupakan bentuk dukungan nyata SMSI terhadap GKT sebagai warisan dunia yang telah diakui Unesco.

“Pada Juli 2020, GKT resmi berpredikat warisan dunia oleh Unesco. Tentu menjadi tugas kita bersama mensosialisasikan dan mengedukasi GKT ini bagi seluruh stakeholder. Esensinya adalah bagaimana agar predikat GKT sebagai warisan dunia yang dievaluasi setiap empat tahun sekali ini, dapat terus dipertahankan,” jelas Firdaus.

Kemudian malam silaturahmi SMSI, adalah sebagai ajang konsolidasi dalam rangka memperkuat kemantapan seluruh pengurus SMSI melaksanakan program kerja daerahnya masing-masing.

“Mengingat pentingnya rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut ini, saya instruksikan agar semua anggota dan pengurus SMSI di Indonesia mendukung penuh dan ikut menyukseskan. Khususnya Panitia SMSI Sumut, agar terus semangat mempersiapkan rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Firdaus juga mengingatkan Panitia Rangkaian HPN 2023 SMSI di Sumut, agar terus memperkuat koordinasi dengan PWI Sumut sebagai panitia lokal atau perpanjangan tangan Panitia HPN 2023.

“Sehingga tidak ada kesan bahwa SMSI mendahului, SMSI eksklusif dan kesan tak baik lainnya. Tapi kita ingin semangatnya sama, yakni menyukseskan pelaksanaan HPN 2023 di Sumut melalui program kegiatan masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, mengatakan persiapan rangkaian HPN 2023 SMSI di Sumut terus berjalan sejauh ini sejak rapat pembentukan panitia di Parapat awal September 2022.

Karena itu untuk pematangan kegiatan, perlu arahan dan bimbingan lebih lanjut dari Pengurus SMSI Pusat. “Dan yang pasti semua pengurus dan anggota komit mendukung kegiatan yang merupakan arahan Ketum SMSI Pusat ini,” jelas Zulfikar.

Lebih lanjut Ketua Panitia Rangkaian HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, menjelaskan gambaran singkat rencana kegiatan serta hal-hal teknis lainnya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan.

“Ekspedisi Geopark Kaldera Toba ini mengunjungi Geosite-geosite di Kaldera Toba yang berada di Kawasan Danau Toba,” jelas Erris.

Adapun GKT merupakan konsep menejemen pengembangan kawasan secara berkelanjutan yang memadu serasikan 3 keragaman alam yaitu keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity), dan keragaman budaya (cultural diversity). Tujuannya untuk pembangunan serta pengembangan ekonomi kerakyatan.

Erris menambahkan Ekspedisi GKT juga akan dirangkai kunjungan ke sejumlah objek wisata Danau Toba serta mengunjungi sentra produk UMKM dan potensi unggulan Sumut lainnya.

“Dan kami seusai rakor hari ini, akan langsung mematangkan teknis kegiatan, roundown ekspedisi GKT dan malam silaturahmi SMSI sebagaimana yang diinstruksikan Pak Ketum Firdaus,” pungkas Erris.

Turut hadir pada Rakor itu sejumlah Pengurus SMSI Pusat lainnya, di antaranya dari Hubungan Antar Lembaga Ervick, Humas Wisnu, Heni Murniati dan Penasehat SMSI Pusat Yoga. (MS8)