Berita Sumut Sumut

Ratusan Buruh Gelar Aksi Demo di Kantor Bupati Sergai Minta Turunkan Harga BBM

SERGAI– Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja Buruh Bersatu Serdang Bedagai (ASPBB-SB) menggelar aksi demonstrasi damai di depan Kantor Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Senin (26/9).

ASPBB-SB terdiri dari beberapa organisasi buruh yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai yang terdiri dari Serikat Buruh Sejahtera Seluruh Indonesia 1992 (SBSI 1992), Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPPP-SPSI), Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI KSPI), Perhimpunan Buruh Perkebunan Independen (PERBUNI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Organisasi Serikat Pekerja Kayu Karya Mandiri (OSPKKM).

Adapun tuntutan massa aksi dari ASPBB-SB adalah menolak kenaikan dan meminta turunkan kembali harga BBM bersubsidi, cabut dan batalkan UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020, hapuskan sistem buruh kontrak dan outsourcing, turunkan harga-harga kebutuhan pokok, naikkan upah Serdang Bedagai 15 persen dan buat pasar murah untuk buruh dan pekerja Serdang Bedagai.

Agan Surya Tanjung didampingi Gober Hermanto dan M. Lui Nasution dibawah panasnya matahari mengatakan kepada Pemerintah Pusat untuk segera menurunkan harga BBM bersubsidi.

“Agar kita masih bisa bertahan hidup khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai maka kita menuntut kenaikan upah di Kabupaten Serdang Bedagai,” ucapnya dengan tegas. Dan langsung diteriaki sepakat dari massa aksi.

Agan Surya Tanjung juga menuntut kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk membuat pasar murah khusus bagi buruh dan pekerja.

Tak menunggu waktu lama Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan langsung menerima massa aksi yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serdang Bedagai H. Faisal Hasrimy dan Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr. Ali Machfud mengatakan tuntutan kawan-kawan massa aksi akan kami teruskan kepusat.

Usai menggelar demonstrasi damai di Kantor Bupati Kabupaten Serdang Bedagai massa aksi langsung menuju Kantor DPRD Kabupaten Serdang Bedagai. (MS8)