Berita Sumut Headline Pendidikan

Ratusan Guru Sekolah Minggu di Serdang Bedagai Dapatkan Bantuan Tali Kasih

SERGAI– Sebanyak 394 guru sekolah minggu di Kabupaten Serdang Bedagai mendapatkan bantuan tali kasih dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai. Penyerahan tali kasih dilakukan pada acara temu ramah pemkab sergai bersama guru sekolah minggu dan pimpinann gereja se-Kabupaten Serdang Bedagai di halaman kantor Bupati, Kamis (24/2/2022).

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya menjelaskan tali asih ini hasil dari pengelolaan zakat ASN khususnya yang beragama kristiani sebesar 2,5 persen di jajaran Pemkab Sergai.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan di Serdang Bedagai. Anggarannya juga bukan dari APBD. Kami sangat mengapresiasi kepada pengurus Gerakan Aksi Kasih (GAK) serta seluruh ASN di jajaran Kabupaten Serdang Bedagai yang telah berupaya dan mengikhlaskan sedikit rezekinya untuk dibagikan kepada yang berhak,” ungkapnya.

Didampingi Wakil Bupati Adlin tambunan, Darma Wijaya mengatakan GAK ini merupakan salah satu program yang dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan aspirasi pimpinan gereja.

“Gerakan ini telah berdiri sejak tahun 2018 dan ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya umat kristiani,” ujarnya.

Mantan Wakil Bupati ini menambahkan jumlah ASN di jajaran Serdang Bedagai sekitar 5.200. Dari jumlah itu, 1900an diantaranya beragama kristiani.

“Dari 1900an ASN khristiani ini, menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu sesama. Kedepan tidak hanya guru mengaji, dana yang terkumpul akan diserahkan kepada yang berhak seperti pendeta dan lainnya. Begitu juga ASN yang Muslim, juga dilakukan hal yang sama dan diserahkan zakat kepada guru mengaji dan bilal mayit,” tandasnya.

Lebih lanjut Adlin Tambunan menambahkan guru merupakan garda terdepan dalam mensukseskan pembangunan dan mencerdaskan anak bangsa.

“Untuk itu kita harus terus memperhatikan para guru sesuai dengan visi misi kita, menciptakan sekolah mantab dan masyarakat yang religius,” tambahnya.

Untuk mencapai sekolah mantab, tentunya lingkungan sekolah harus juga mensukseskan vaksinasi.

“Untuk vaksinasi I kita sudah sangat baik mencapai 90 persen. Namun untuk tahap II dan III masih harus dikejar. Untuk itu kami harap bapak ibu guru ajak semua keluarga dan sanak family nya untuk divaksin. Vaksin sehat,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua GAK Kabupaten Serdang Bedagai Fajar Simbolon melaporkan bahwa tali kasih ini akan diberikan kepada 394 guru minggu yang tersebar di seluruh kabupaten Serdang Bedagai.