Berita Sumut Headline Politik Sumut

Refleksi Hari Pahlawan, Wong Chun Sen : Setiap Orang Dapat Berperan Sesuai Keahliannya

MEDAN – Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema “Pahlawanku Teladanku” diharapkan menjadi momentum bagi siapa pun, khususnya generasi muda. Karena sebagai generasi muda dan penerus bangsa, sudah sepatutnya mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Anggota DPRD Medan Drs. Wong Chun Sen, M. PdB, Kamis (10/11/2022) pemilihan tema Pahlawanku Teladanku
menjadi sebuah titik awal bagi kita dalam menghargai jasa para pahlawan dan menjadikan mereka teladan.

“Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan, ” tandasnya.

Setelah Indonesia Merdeka, lanjut Wong yang juga Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Sumut untuk menjadi pahlawan tidak lagi harus mengangkat senjata atau bambu runcing untuk melawan penjajah. Lawan kita saat ini adalah diri kita sendiri.

“Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini. Untuk melawan musuh di era serba teknologi sekarang adalah bagaimana kita bisa membangun karakter anak bangsa ini agar ke depan tidak tergerus oleh arus kejahatan dan perbuatan-perbuatan melawan hukum yang berdampak pasa masa depan generasi kita, ” tandasnya.

Lebih lanjut Wong Chun Sen menyampaikan, salah satu musuh terbesar yang harus kita lawan adalah narkoba. Ketika generasi muda kita terpengaruh dengan narkoba, maka ke depan kita akan kehilangan generasi cerdas dan berkarakter.

“Tidak hanya pada momentum peringatan hari pahlawan, setiap saat kita harus tanamkan betapa pentingnya menghargai jasa para pahlawan dan meneladani sikap patriotisme dan rela berkorban demi untuk merebut kemerdekaan. Siapa pun bisa menjadi pahlawan dan panutan ketika kita bisa menunjukkan karya terbaik untuk bangsa dan negara kita, ” paparnya.