Pendidikan

Rektor Unimed Raih Gelar Guru Besar

MEDAN-Universitas Negeri Medan memperoleh kabar gembira dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dimana Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom telah berhasil mendapatkan Jabatan Professor/Guru Besar.

Penetapan Profesor/Guru Besar Rektor UNIMED berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 74092/MPK.A/KP.07.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen yang ditetapkan pada tanggal 19 Desember 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, mendapatkan kabar baik ini merasa senang dan bangga.

“Jabatan Profesor ini merupakan suatu kebahagian bagi saya, keluarga dan juga bagi warga Universitas Negeri medan karena sekarang UNIMED bertambah lagi satu Professornya dan juga terutama bagi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED. Jabatan fungsional ini merupakan suatu tanggung jawab yang besar bagi saya selaku Rektor untuk terus meningkatkan tri dharma perguruan tinggi agar dapat membawa Universitas Negeri Medan menuju kampus yang Go Internasional untuk mewujudkan World Class University,”.

Dikatakan Syamsul, perolehan jabatan profesor ini kita syukuri bersama dan semoga semakin menguatkan peran UNIMED menuju kampus yang bereputasi dan terbaik, serta etap memberikan kontribusi positif untuk kamajuan bangsa dan negara, terkhusus Sumatera Utara yang bermartabat.

“Menjadi seorang guru besar merupakan sebuah keniscayaan bagi kita sebagai seorang dosen atau akademisi, menjadi guru besar tidaklah sukar seperti yang digambarkan. Dengan ikhtiar, konsistensi, dan kontinuitas yang tinggi, maka Insya Allah akan dibuka jalan menjadi guru besar dengan mudah. Karena itu saya berharap kepada semua dosen di UNIMED yang sudah Doktor dapat berupaya secara maksimal dan terus berkolaborasi bersama dalam meraih jabatan Professor/Guru Besar. Kami dari pimpinan UNIMED siap membantu para dosen yang ingin mendapatkan jabatan Profesor/Guru Besar. Mari kita bersama berjuang untuk memajukan Universitas kita tercinta ini,” ujar Prof. Syamsul.

Ketua Senat UNIMED Prof. Syawal Gultom mengucapkan selamat atas perolehan jabatan Profesor/Guru Besar Rektor Unimed.

“Dengan bertambahnya profesor/guru besar Unimed terutama bagi Rektor Unimed ini menunjukkan keseriusan Universitas Negeri Medan untuk membangun pendidikan Indonesia karena dari situ kita dapat melihat kegigihan Rektor kita yang terus meningkatkan publikasi dan penelitiannya sehingga dapat menjadi guru besar termuda di Universitas Negeri Medan,” ucapnya.

Dia berharap, dengan Rektor Unimed mejadi seorang Profesor dapat menjadi motivasi bagi dosen-dosen UNIMED untuk memperoleh Profesornya karena jabatan professor adalah keharusan dan merupakan jabatan fungsional dosen tertinggi.

“Semoga perolehan Profesor Rektor Unimed dapat Membawa Keberkahan dan Kemajuan bagi Universitas Negeri Medan menjadi yang terbaik dan dapat meningkatkan rekognisi Internasional,” ujar Prof. Syawal Gultom. (MS7)