Peristiwa

Remaja 19 Tahun Hilang Usai Berenang di Kawasan Danau Toba

mediasumutku.com lMEDAN-Tim gabungan SAR Medan melakukan pencarian terhadap seorang remaja 19 tahun yang tenggelam di Pantai Suka Cita, Desa Tongging Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumut. Korban bernama Imran Butar-butar belum ditemukan usai lomba berenang bersama temannya di pantai yang masih masuk dalam kawasan lokasi Danau Toba tersebut.

Informasi yang diperoleh, Senin (24/8/2020) peristiwa itu terjadi pada Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 17.15 Wib. Saat itu korban bersama 5 rekannya dengan mengendarai sepeda motor mendatangi Pantai Suka Cita di Tongging.

Setibanya di lokasi pantai, warga setempat sempat berkomunikasi dengan menawarkan untuk menyewa ban/alat pelampung. Namun, dikarenakan tidak membawa uang lebih mereka menolaknya. Selanjutnya sekira pukul 17.15 WIB, korban bersama satu orang temannya Joni Sinaga berlomba berenang ke tengah danau dengan jarak kurang lebih 10 meter dari darat.

Saat berada di tengah danau, mereka akan berbalik kembali ke daratan. Namun, korban tiba-tiba seperti kehilangan kendali dan berteriak meminta tolong. Joni Sinaga yang mendengar teriakan tersebut sempat balik arah mencoba menolong korban.

Namun, karena Joni Sinaga juga tidak kuat (kehabisan tenaga) maka korban tidak dapat tertolong dan tenggelam.

Polsek Tiga Panah, Babinsa, kepala desa serta unsur desa dan warga setempat melakukan upaya pencarian dengan cara manual menabur jaring dan memasang kail di lokasi terakhir korban tenggelam. Namun hingga saat ini korban belum ditemukan.

“Tim Rescue Kansar Medan berjumlah 8 orang diberangkatkan menuju lokasi untuk melakukan pencarian. Pencarian dilanjutkan pagi ini dengan bantuan Tim Dit Samapta Polda Sumut. Pencarian dilakukan dengan cara menyisir danau,” kata Humas SAR Medan Sariman Sitorus. (MS8)