Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
BermartabatHeadlineReligiSumut

Resmikan Vihara Qi Thien Da Seng, Musa Rajekshah Imbau Jaga Kerukunan Umat Beragama

×

Resmikan Vihara Qi Thien Da Seng, Musa Rajekshah Imbau Jaga Kerukunan Umat Beragama

Sebarkan artikel ini

BINJAI – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengimbau agar umat Budha dan agama lainnya yang ada di Sumut tetap menjaga kerukunan umat beragama yang telah terjalin dengan baik di Sumut.

Demikian dikatakannya saat meresmikan Vihara Qi Thien Da Seng di Kota Binjai, Sabtu (10/9). Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Binjai Amir Hamzah, Pembimbing Masyarakat Budha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistyo, Ketua Yayasan Vihara Qi Thien Da Seng, Hotman dan Pembina Yayasan Vihara Qi Thien Da Seng, Elton serta lainnya.

Dalam sambutannya, Wagub Sumut merasa senang bisa mengelilingi Vihara Qi Thien Da Seng yang ada di Kota Binjai tersebut. Menurut Wagub, vihara tersebut sangat luas, bangunannya juga megah. Sangat representatif untuk beribadah.

Baca Juga:   Musa Rajekshah Kunjungi Bank BJB, Semoga Bank Sumut Diterima di Provinsi Lain

“Semoga kehadiran vihara ini bisa menambah ketaatan masyarakat umat Budha kita untuk beribadah,” ujar pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Ia mengatakan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Masyarakatnya dari berbagai suku telah lama hidup berdampingan. Untuk itu ia berharap kerukunan umat beragama ini tetap terjaga.

“Pemerintah provinsi juga akan tetap memberikan bantuan anggaran yang maksimal untuk kegiatan-kegiatan umat Budha maupun agama lainnya yang sudah hidup berdampingan di Sumut ini,” ucapnya.

Walikota Binjai Amir Hamzah dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Kota Binjai akan membantu untuk memenuhi kebutuhan guru agama Budha yang masih kurang di Binjai. “Kita akan usulkan penambahan ini. Dan saya berharap vihara ini bukan hanya dipakai untuk kegiatan ibadah saja melainkan juga bisa digunakan sebagai tempat pendidikan agama untuk para umat Budha,” harapnya.

Baca Juga:   Sebarkan Foto Megawati Gendong Jokowi, Pria Ini Ditangkap Polisi

Harapan yang sama juga dikatakan Pembimbing Masyarakat Budha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistyo. Ia menyebut bahwa saat ini umat Budha di Binjai ada 17 ribu jiwa dan telah hidup rukun dengan agama lainnya. “Saya harap ini terus terjaga. Sekali lagi selamat atas peresmian vihara ini,” ujarnya.