Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
HeadlineSumut

Ria Telambanua: “Kita Tuan Rumah Sidang Umum TPO 2021”

×

Ria Telambanua: “Kita Tuan Rumah Sidang Umum TPO 2021”

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com– Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Kadisbudpar Sumut) Ria Telambanua bersama Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir Soekirman dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon berhasil meyakinkan Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities untuk menjadikan Provinsi Sumatera Utara dipercaya menjadi tuan rumah Sidang Umum ke-10 TPO for Asia Pacific Cities (The 10th General Assembly TPO) pada tahun 2021.

Even ini merupakan even bertaraf internasional. Kepastian Sumut menjadi tuan rumah pada tahun 2021 diperoleh dalam Sidang Umum ke-9 TPO for Asia Pacific Cities yang berlangsung di Busan, Korea Selatan, Jumat (27/9/2019). Proses pemilihan Sumut dalam sidang ini tidak mudah, sebab melalui voting yang ketat dari beberapa negara.

Sebagai informasi, TPO for Asia Pasific Cities merupakan suatu organisasi berskala internasional yang berdiri sejak tahun 2002. Tujuan dari TPO for Asia Pasific Cities ini adalah untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di kawasan Asia Pasific, terutama jaringan anggota-anggotanya. Saat ini TPO beranggotakan 124 kota dari 15 negara.

Baca Juga:   Messi Pemain Terbaik Versi IFFHS Cristiano Ronaldo Tidak Masuk Nominasi

Ria Novida Telambanua yang memimpin delegasi Sumut mewakili Gubernur Edy Rahmayadi dalam keterangan resmi yang diterima para wartawan, Senin (30/9/2019), menyebutkan The 9th General Assembly TPO dilaksanakan mulai tanggal 25-28 September 2019 di Hotel Paradise Busan, Korea Selatan. Acara itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Busan Oh Keo Don, dan dihadiri sebanyak 700 delegasi kabupaten/kota/provinsi dari 15 negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Telambanua berbicara di Busan, Korea Selatan

Di acara itu ia memaparkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan Sumut pada sesi The 34th Executive Committee Meeting, agar Sumut dapat menjadi tuan rumah Sidang Umum TPO 2021. Hal tersebut mendapat sambutan positif dan berhasil mendapatkan vote terbanyak dari member Executive Committee, serta pada waktu vote pleno dari seluruh member TPO yang hadir.

Baca Juga:   7 Bulan, Polres Asahan Tangkap 63 Tersangka Kasus Judi

Kemudian, kata Ria, Gubernur Busan Oh Keo Don menyerahkan bendera secara resmi kepada Kepala Disbudpar Sumut Ria Novida Telambanua, sebagai tanda ditetapkannya Sumut sebagai tuan rumah Sidang Umum ke-10 TPO tahun 2021.

“Diharapkan kedatangan delegasi pada Sidang Umum ke-10 TPO tahun 2021 nantinya tentu akan berdampak positif pada masyarakat Sumut, terutama dampak ekonomi dan terjadi peningkatan jaringan di antara member TPO pada saat itu. Kedatangan anggota delegasi ini juga akan mencapai target jumlah wisatawan mancanegara ke Sumut,” kata Ria.

Sementara itu Bupati Serdang Bedagai (Sergaai) Ir Soekirman dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon turut hadir dan mendukung sebagai bagian dari delegasi Sumut. Dalam sidang tersebut, kedua Bupati juga ikut memberi paparan atas pembangunan kepariwisataan daerahnya. Bupati Samosir menyampaikan keindahan Danau Toba dan keluhuran budayanya, sedangkan Bupati Serdang Bedagai fokus untuk membangun wisata tani dan wisata desanya.

Delegasi Sumut mengibarkan bendera pataka TPO for Asia Pasific Cities

Mengetahui keberhasilan Sumut ini, Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah yang ditemui wartawan, memberikan pernyataan singkat. Edy dan Ijeck, panggilan akrab Musa Rajeckshah, mengapresiasi kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut.

Edy mengarahkan Kepala Disbudpar Ria Telambanua untuk mempersiapkan segala-sesuatunya secara matang sebagai tuan rumah, termasuk berkordinasi ke berbagai pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan stakeholder lainnya. “Karena saya yakin event ini membawa nama baik Indonesia di kawasan Asia Pasifik,” tegas Edy Rahmayadi. (MS1/MS1)