Nasional

RSUD Batu Bara Kini Jadi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja BPJAMSOSTEK

Batu Bara – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memperluas rumah sakit rujukan yang menjadi penyedia layanan kesehatan untuk penanganan kasus Kecelakaan Kerja (KK) ataupun Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Kali ini perluasan mitra pusat layanan kecelakaan kerja (PLKK) BPJAMSOSTEK bekerjasama dengan rumah sakit umum daerah (RSUD) Batu Bara sejak Kamis, (14/9/2022).

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran Aziz Muslim yang didampingi Kepala Cabang Pratama D Batu Bara, Raun Tunas Freddy dengan Direktur RSUD Batu Bara, Dr. Guruh Wahyu Nugraha.

Dengan penandatangan kerja sama tersebut, RSUD Batu Bara yang berlokasi di Jl. Datuk Kubah Batu Bara, Kwala Gunung Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara menjadi salah satu rumah sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

“Dalam memperluas jaringan pelayanan di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran bekerja sama dengan RSUD Batu Bara. Dengan adanya penambahan PLKK ini tentunya akan mempermudah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakan untuk berobat secara gratis dan memberikan kepuasan kepada peserta serta akan meningkatkan brand awareness BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kacab Muslim Aziz.

Ia menambahkan, dengan pelayanan yang mudah dan nyaman akan membuat banyak pekerja yang belum menjadi peserta tertarik menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baik sektor formal maupun informal.

“Intinya kami membantu pelayanan lebih maksimal, dengan memperluas PLKK itu menjadi pilihan para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Jadi pekerja bisa mencari atau memilih rumah sakit yang terdekat. Selain itu kerjasama dengan pihak-pihak rumah sakit dan klinik terus kami kembangkan dalam rangka kemudahan layanan,” terang Aziz.

Pihaknya juga menambahkan salah satu pertimbangan memperluas jaringan pelayanan khususnya terhadap risiko, kecelakaan kerja agar pekerja yang mengalami kecelakaan kerja bisa cepat mendapatkan layanan kesehatan.

Sedangkan Direktur RSUD Batu Bara, Dr. Guruh Wahyu Nugraha mengatakan, pihaknya sangat bersyukur menjadi salah satu PLKK BPJS Ketenagakerjaan dan merupakan rumah sakit yang dapat memberikan pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan kerjasama yang mengalami kecelakaan kerja dengan sistem yang lebih mudah.

”Harapannya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan mempermudah bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja serta dapat membantu masyarakat dalam mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Batu Bara,” sebutnya. (MS10)