Headline Nasional

Rumah Hancur Diterjang Rob Disertai Angin Kencang di Polman

POLMAN–Satu rumah warga di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, rusak parah akibat Banjir rob. Tanah tempat rumah dibangun amblas akibat terkikis banjir. Bangunan rumah porak-poranda, lantaran peristiwa datangnya Banjir rob disertai tiupan angin kencang.

Peristiwa terjadi di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Senin (6/12) sore, sekira pukul 18:00 wita.

“Kejadiannya kemarin, sekira jam enam sore, jelang magrib,. Faktor pengaruh air pasang dengan angin kencang,” ungkap pemilik rumah, Makmur, kepada wartawan, Selasa (7/12/2021) siang.

Menurut Makmur, saat kejadian, rumah berbahan semi pernanen miliknya, hanya ditinggali sang adik, yang langsung menyelamatkan diri, ketika merasakan bangunan rumah mulai ambruk.

“Kalau saya sendiri ada di empang (tambak), kalau keluarga di rumah orangtua. Di rumah hanya ada ada saudara,” ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Kerugian sekira puluhan juta. Selain rumah, dan beberapa barang, perlengkapan bengkel dan alat pertukangan untuk buat perahu juga habis terbawa air,” terang Makmur.

Dibantu warga, Makmur bersama keluarganya terpaksa membongkar bangunan rumah semi permanen miliknya. Ia menyelamatkan rangka kayu bangunan rumah, yang masih bisa dimanfaatkan. (MS9/Siberindo)