Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Rupiah Diramalkan Menguat Lagi

×

Rupiah Diramalkan Menguat Lagi

Sebarkan artikel ini

mediasumut.com | JAKARTA – Akhir pekan ini (4/10/2019) di perdagangan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diprediksi bakal melanjutkan penguatan, meskipun masih konsolidasi.

Adapun sentimen utama penyokong penguatan berasal dari sentimen teknikal dan data ekonomi global.

Mengutip Bloomberg pada perdagangan Kamis (3/10) rupiah menguat 0,17% ke level Rp 14.172 per dolar AS. Sedangkan berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah menguat 0,09% ke Rp 14.193 per dolar AS.

Menurut Ekonom Bank BCA David Sumual mengungkapkan, penguatan rupiah yang terjadi pada perdagangan hari ini (3/10) karena dampak pelemahan dolar AS terhadap beberapa mata uang regional yang beragam.

Di sisi lain, data pasar khususnya bursa global dan domestik cenderung turun pada perdagangan hari ini.

Baca Juga:   Gubernur Sumut Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2021

Untuk itu, pada perdagangan besok, rupiah diperkirakan masih akan bergerak konsolidasi ke arah penguatan. Sentimen utama masih datang dari pergerakan teknikal, serta data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang dirilis beberapa waktu lalu.

“Dari sentimen domestik belum ada yang berarti, inflasi masih bagus, importir mulai melihat pelemahan rupiah sebelumnya sebagai peluang, dan momentum demo juga sudah mereda,” ungkap David kepada Kontan.co.id, Kamis (3/10).

Ia memperkirakan, rupiah pada Jumat (4/10) bakal berada di kisaran Rp 14.150 per dolar AS hingga Rp 14.200 per dolar AS, dengan kecenderungan konsolidasi menguat.