Headline Perkebunan & Pertanian

Samade Simalungun Terus Gencar Sosialisasikan PSR

Simalungun, Mediasumutku.com– Para petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi DPD Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) Kabupaten Simalungun terus gencar melakukan sosialisasi program peremajaan sawit rakyat (PSR).

Bulan Desember 2018, sosialisasi PSR digelar di Kantor Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun.

“Dan saat ini, sosialisasi PSR dilakukan di kantor Kecamatan tanah Jawa,” ujar Sekretaris DPD Samade Simalungun, H Edi Sinaga SAg, kepada Mediasumutku.com melalui telepon, Jumat (6/9/2019).

Kata dia, sosialisasi yang mereka lakukan tidak hanya berupa pertemuan di kantor camat.

Proses dialog dalam sosialisasi PSR yang digelar oleh DPD Samade Kabupaten Simalungun dan PC Samade Tanah Jawa

Sebab, ujar Edi, rentang waktu antara sosialisasi pertama di kantor Kecamatan Hatonduan dan saat ini, pertemuan di kantor Kecamatan Tanah Jawa, Samade Simalungun selalu menyosialisasikan pentingnya PSR langsung ke para petani sawit.

“Ya, dari bulan Desember sampai sebelum sosialisasi yang sekarang ini di kantor Kecamatan Tanah Jawa, kami selalu rutin menyosialisasikan pentingnya PSR ke para petani sawit langsung ke kebun sawit masing-masing,” kata edi.

Untuk sosialisasi di kantor Kecamatan Tanah Jawa saat ini Edi menyebutkan dirinya bersama sejumlah pengurus Samade Simalungun, Kecamatan Hatonduan, dan Ketua PC Samade Kecamatan Tanah Jawa Mangihut Sinaga, akan menjadi pembicara dan siap berdialog dengan para petani sawit.

Selain itu, Edi Sinaga memastikan Camat Tanah Jawa Parolan Sidauruk tampil sebagai pembicara dalam sosialisasi tersebut.

Kata Edi, Parolan Sidauruk akan menjelaskan proses administrasi dan pendataan perkebunan sawit milik petani sehingga kelak dapat menjadi peserta PSR.

“Jadi, Pak Camat Tanah Jawa Parolan Sidauruk akan berbicara proses administrasi untuk pendaftaran PSR. Pak Camat dalam kesempatan sosialisasi ini juga menyertakan seluruh Pangulu (Kepala Desa -red) agar memahami dan mampu mempermudah proses pendataan lahan sawit milik petani yang akan menjadi program PSR nantinya,” tegas Edi Sinaga. (MS1/MS1)