Kesehatan

Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi Lakukan Suntik Vaksinasi Kedua

mediasumutku.com|TEBINGTINGGI- Tim Satuan Tugas Covid-19 Tebingtinggi melaksanakan suntikan vaksinasi yang kedua di Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi, Senin (22/2/2021).

Vaksinasi ini diikuti oleh pimpinan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti, Kajari Kota Tebingtinggi, Kapolres Tebingtinggi, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi beserta istri, Setdako Tebingtinggi beserta istri dan beberapa jajaran dari OPD Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Juru bicara Satgas Covid-19, dr. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK menjelaskan, vaksinasi kedua ini dilakukan untuk menguatkan sistem imun yang telah terbentuk dari suntikan pertama yang telah dilakukan sebelumnya.

“Suntikan pertama vaksin Covid-19 untuk memicu respon imun tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Sedangkan suntikan kedua untuk meningkatkan dan menguatkan respon imun yang sebelumnya sudah terbentuk saat suntikan pertama,” jelas dr Nanang.

Dijelaskannya, dengan suntikan kedua ini, tubuh dipastikan akan lebih respon dan kuat dalam melawan virus Covid-19. Kemudian, akan tercipta banyak populasi yang memiliki daya imun baik dan tahan terhadap Covid-19 atau disebut herd immunity. Dengan herd imunity memungkinkan penyakit tidak menyebar secara luas dan sebaran Covid-19 akan dapat dihentikan.

“Vaksinasi tahap satu ini masih difokuskan untuk tenaga medis, pejabat pemerintahan serta tokoh agama dan masyarakat. Setelah tahap satu ini rampung, barulah pelaksanaan vaksinasi tahap dua dilakukan tetapi masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat,”pungkasnya. (MS6)

Tinggalkan Balasan