Berita Sumut Sumut

Setelah Tandatangani 2 MoU, Bupati Sergai Lepas KKL Mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli

SEI RAMPAH – Mengawali tahun kerja 2023, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) tetap optimis dalam pencapaian kinerja dalam membangun daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya pasca menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau kesepatakan bersama sekaligus dengan 2 instansi yang berbeda, yaitu PT. Bank Mandiri (Persero) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (25/1/2023).

Bupati menegaskan, di usia yang ke-19 tahun yang baru saja dirayakan, Pemkab Sergai berkomitmen membangun bersama-sama Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kita ketahui bersama bahwa keterbatasan anggaran menjadi tantangan yang harus diatasi dalam penyusunan program pembangunan untuk lebih adil dan merata. Solusi kreatif, komunikatif, dan inovatif menjadi keharusan untuk mengubah tantangan menjadi peluang. Kerjasama daerah menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” kata Bupati.

Ia menuturkan, pada tanggal 18 Januari yang lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mengumpulkan seluruh kepala daerah di Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyebut jika presiden mengingatkan bahwa momok terbesar dan ancaman bagi seluruh dunia adalah inflasi. Untuk mengantisipasi inflasi, presiden menyebut salah satu tindakan konkret yang dapat dilakukan adalah melakukan kerja sama daerah.

Oleh karenanya, hari ini dirinya selaku Bupati Sergai, berharap agar MoU ini dapat dimanfaatkan sebagai penghubung antara perangkat daerah dengan PT. Bank Mandiri (Persero) dan STAI Tebing Tinggi Deli.

Ia menerangkan, MoU dengan PT. Bank Mandiri (Persero) hari ini sudah ditindaklanjuti dengan melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan beberapa perangkat daerah dalam hal pelayanan jasa perbankan. Hal yang sama, sebutnya, juga diharapkan dilakukan oleh OPD yang ada dengan STAI Tebing Tinggi Deli yaitu dengan memanfaatkan lembaga-lembaga yang ada di perguruan tinggi tersebut dalam rangka penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat Sergai.

Pada momen yang sama, Bupati juga menyebut STAI Tebing Tinggi Deli telah mempercayakan kepada pihaknya untuk melepas mahasiswa/I yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Kabupaten Sergai.

“Bedasarkan info yang saya terima, hampir 45% mahasiswa STAI ini adalah penduduk Sergai. Ini menunjukkan betapa potensi pendidikan Sergai masih memerlukan ruang. Saya berharap agar kelak ada perguruan tinggi yang dapat berdiri di Sergai,” ucap Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Kepada para mahasiswa/i yang akan melakukan KKL, Bang Wiwik berpesan agar secara nyata mengabdikan ilmu yang telah dipelajari di tengah-tengah masyarakat Sergai.

Terakhir dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan acara ini.

“Izinkan saya mengutip pernyataan dari seorang filosof terkemuka dunia asal Yunani, Aristoteles. Ia pernah mengatakan, “Mengedukasi pikiran tanpa mengedukasi hati sama dengan tidak mengedukasi apa-apa”. Artinya mari kita lakukan kerja kerja sama ini dengan sepenuh hati kita karena itu adalah bentuk edukasi,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kepala Bapenda H. Ikhsan, AP, MSi, Kabag Kerjasama Torangto Situmorang, ST, M.Si., para pimpinan PT Bank Mandiri (Persero), para pimpinan serta seluruh civitas akademia STAI Tebing Tinggi Deli. (MS8)

Tinggalkan Balasan